visitaaponce.com

Serentetan Ledakan Terjadi di Lepas Pantai Yaman Hari Ini

Serentetan Ledakan Terjadi di Lepas Pantai Yaman Hari Ini 
Loka dimana Houthi Yaman kerap menyerang kapal yang bertujuan Israel, demi solidaritasnya terhadap rakyat Gaza, Palestina.(AFP)

SEBUAH ledakan terdengar dan rudal terlihat di dekat sebuah kapal yang transit di Laut Merah pada hari Selasa (26/12), kata Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO).

"Ledakan terdengar, rudal terlihat di dekat pelabuhan Hodeida di pantai barat Yaman," kata UKMTO, seraya menambahkan bahwa kapal dan awaknya selamat.

Ledakan ini menyusul dua ledakan lain pada Selasa (26/12) pagi, yang terjadi di dekat sebuah kapal yang juga berada di lepas pantai Hodeida, menurut otoritas maritim Inggris.

Baca juga : Ini 12 Perusahaan Pelayaran yang Hindari Laut Merah karena Houthi

Kapal tersebut kemudian melanjutkan pelayarannya, tanpa melaporkan adanya kerusakan besar atau cedera awak, kata UKMTO.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan hari Selasa tersebut.

Baca juga : 20 Negara Keroyok Houthi Yaman Seorang di Laut Merah

Diketahui, Angkatan Bersenjata Houthi di Yaman telah melancarkan serangkaian serangan drone dan rudal yang menargetkan kapal-kapal komersial tujuan Israel yang transit di Laut Merah dalam beberapa pekan terakhir.

Mereka mengatakan serangan mereka merupakan bentuk solidaritas terhadap Gaza, tempat Israel memerangi militan Hamas.

Menurut Pentagon, Houthi telah melancarkan lebih dari 100 serangan drone dan rudal, menargetkan 10 kapal dagang yang melibatkan lebih dari 35 negara berbeda.

AS mengatakan, serangan-serangan tersebut membahayakan rute transit yang mengangkut 12% perdagangan global. Hal itu menjadi dasar pembenaran bagi AS untuk berkoalisi dengan puluhan negara lain untuk menghadapi Yaman, dengan alasan melindungi Laut Merah.

Angkatan Bersenjata Yaman menegaskan kembali jaminan mereka kepada semua kapal yang menuju ke semua pelabuhan di seluruh dunia, kecuali pelabuhan Israel. 

"Serangan itu dilakukan karena penindasan Israel terhadap rakyat Palestina, yang saat ini sedang menjadi sasaran pembunuhan, penghancuran dan pengepungan di Jalur Gaza," kata Brigjen Yahya Saree, juru bicara Houthi. (AFP/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat