visitaaponce.com

20 Negara Keroyok Houthi Yaman Seorang di Laut Merah

20 Negara Keroyok Houthi Yaman Seorang di Laut Merah
Kapal perang Amerika Serikat(Instagram)

LEBIH dari 20 negara telah bergabung dengan koalisi pimpinan Amerika Serikat untuk melindungi pengiriman Laut Merah dari serangan Angkatan Bersenjata Houthi Yaman, kata Pentagon pada hari Kamis (21/12).

Kelompok Huthi yang didukung Iran telah berulang kali menargetkan kapal-kapal di jalur pelayaran penting dengan serangan yang mereka katakan untuk mendukung warga Palestina di Gaza, tempat Israel memerangi kelompok militan Hamas.

“Saat ini ada lebih dari 20 negara yang mendaftar untuk berpartisipasi” dalam koalisi, kata juru bicara Pentagon Mayor Jenderal Pat Ryder kepada wartawan.

Baca juga : Uni Eropa Masuk di Barisan AS, Hadapi Houthi Yaman

Ryder mengatakan kelompok Huthi “menyerang kesejahteraan ekonomi dan kemakmuran negara-negara di seluruh dunia,” yang secara efektif menjadi “bandit di sepanjang jalan raya internasional yaitu Laut Merah.”

Pasukan koalisi akan "berfungsi sebagai patroli jalan raya, berpatroli di Laut Merah dan Teluk Aden untuk merespons -- dan membantu jika diperlukan -- kapal komersial yang transit di jalur perairan internasional yang penting ini," katanya, sambil menyerukan kepada kelompok Houthi untuk menghentikan serangan mereka.

Baca juga : Evergreen Setop Pengiriman Kargo Tujuan Israel, Ikuti Maersk, Hapag Llyod

Putaran terakhir konflik Israel-Hamas dimulai ketika kelompok militan Palestina melakukan serangan mengejutkan lintas batas pada tanggal 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.140 orang di Israel, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka-angka Israel.

Bersumpah untuk menghancurkan Hamas, Israel memulai pemboman tanpa henti terhadap sasaran-sasaran di Gaza, bersamaan dengan invasi darat, yang menurut pemerintah Hamas di Gaza pada hari Rabu telah menewaskan sedikitnya 20.000 orang.

Kematian tersebut telah memicu kemarahan luas di Timur Tengah dan mendorong terjadinya serangan oleh kelompok bersenjata di wilayah tersebut, termasuk serangan Huthi terhadap kapal-kapal Laut Merah.

Amerika Serikat mengumumkan koalisi multinasional Laut Merah pada hari Senin, sementara Houthi memperingatkan dua hari kemudian bahwa mereka akan menyerang balik jika diserang.

Bela Gaza, Houthi hanya serang kapal terhubung dengan Israel

Juru bicara Houthi Yaman, Brigadir Yahya Saree. (AFP)

 

Angkatan bersenjata Houthi di Yaman telah melancarkan serangkaian serangan drone dan rudal terhadap kapal-kapal yang memasuki Laut Merah, yang bertujuan untuk menekan Israel atas perang dahsyatnya dengan Hamas di Jalur Gaza.

Angkatan Bersenjata Yaman menegaskan kembali jaminan mereka kepada semua kapal yang menuju ke semua pelabuhan di seluruh dunia, kecuali pelabuhan Israel.

"Serangan itu dilakukan karena penindasan Israel terhadap rakyat Palestina, yang saat ini sedang menjadi sasaran pembunuhan, penghancuran dan pengepungan di Jalur Gaza," kata Brigjen Yahya Saree, juru bicara Houthi. (AFP/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat