visitaaponce.com

Tiongkok Marah AS dan Filipina Gelar Latihan Militer di Laut Cina Selatan

Tiongkok Marah AS dan Filipina Gelar Latihan Militer di Laut Cina Selatan
Ilustrasi(AFP)

TIONGKOK pada Kamis (4/1) mengecam tindakan provokatif yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) dan sekutunya, Filipina di Laut Cina Selatan. Kedua belah pihak sama-sama mengadakan latihan di perairan yang disengketakan tersebut.

Kapal-kapal perang dari Tiongkok dan AS melakukan latihan tanding di laut minggu ini di tengah meningkatnya ketegangan yang melibatkan sekutu AS, Filipina.

Komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) Beijing mengatakan bahwa pengerahan angkatan laut dan angkatan udaranya selama dua hari dijadwalkan berakhir hari ini, setelah melakukan patroli rutin di laut.

Baca juga : Jepang Rangkul ASEAN, Lawan Tiongkok

Tidak disebutkan di mana tepatnya patroli tersebut berlangsung atau memberikan rincian spesifik tentang tujuan latihan.

Baca juga : Kapal Tempur AS Masuki Laut Cina Selatan, Tiongkok Sebut AS Rusak Perdamaian

Latihan tersebut berlangsung ketika Amerika Serikat mengatakan bahwa sebuah kelompok penyerang kapal induk yang dipimpin oleh USS Carl Vinson sedang melakukan latihan selama dua hari dengan Angkatan Laut Filipina.

Beijing mengutuk manuver-manuver tersebut sebagai kegiatan militer yang provokatif yang bertujuan untuk memamerkan kekuatan militer mereka.

Juru bicara kementerian luar negeri Wang Wenbin mengatakan bahwa latihan-latihan tersebut merugikan manajemen dan kontrol situasi maritim dan perselisihan-perselisihan terkait.

"Kami mendesak negara-negara terkait untuk menghentikan tindakan tidak bertanggung jawab mereka dan dengan sungguh-sungguh menghormati upaya negara-negara di kawasan ini untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut Cina Selatan," katanya.

Beijing, ia berjanji, akan terus menjaga kedaulatan teritorial dan hak-hak serta kepentingan maritimnya dengan tegas.

Beijing mengklaim hampir seluruh Laut Cina Selatan dan telah mengabaikan keputusan pengadilan internasional yang menyatakan bahwa klaimnya tidak memiliki dasar hukum.

Tiongkok mengerahkan kapal-kapal untuk berpatroli di jalur perairan yang sibuk ini dan membangun pulau-pulau buatan yang dimiliterisasi untuk memperkuat klaimnya.

Meskipun Tiongkok biasanya menggunakan penjaga pantai untuk menegakkan klaimnya di daerah tersebut, latihan militer tidak jarang dilakukan, dengan angkatan laut Beijing melakukan latihan rutin pada akhir November.

Rekaman dari lembaga penyiaran pemerintah Tiongkok, CCTV, menunjukkan latihan tembak-menembak secara langsung, dengan pesawat terbang di atas lautan dan satu pesawat jet menembakkan rudal.

Latihan minggu ini dilakukan setelah satu bulan kebuntuan yang menegangkan antara Tiongkok dan Filipina di terumbu karang yang disengketakan di daerah tersebut, dan menyebabkan tabrakan antara kapal-kapal dari kedua negara dan kapal-kapal Tiongkok yang menembakkan meriam air ke arah kapal-kapal Filipina.

Seorang ahli mengatakan kepada AFP bahwa Beijing berusaha mengubah Laut Cina Selatan menjadi jalur air yang dikendalikan oleh Tiongkok dan menjadi titik penghalang strategis bagi negara-negara lain.

"Laut Cina Selatan menjadi, zona pertahanan utama bagi Tiongkok," kata Michael Raska, asisten profesor dan pakar militer di Universitas Teknologi Nanyang Singapura.

"Beijing juga menggunakan daerah itu untuk menguji "pengintaian dan pengawasan," katanya, memperdalam kemampuannya untuk memproyeksikan kehadiran dan pengaruhnya di laut.

"Meskipun Tiongkok secara rutin mengirimkan kapal perang untuk membayangi kapal induk AS di Laut Cina Selatan dan untuk memantau kegiatan militer multilateral di wilayah tersebut, pengumuman publik tentang latihan semacam itu sangat jarang terjadi," kata Duan Dang, seorang analis maritim yang berbasis di Vietnam yang berfokus pada Laut Cina Selatan, kepada AFP.

Minggu ini, Tiongkok bersikeras bahwa Filipina harus disalahkan atas lonjakan ketegangan ini. Kementerian luar negeri Tiongkok mengatakan bahwa Manila telah mengingkari janji-janjinya, mengubah kebijakannya, melanggar kedaulatan Tiongkok dan melakukan provokasi berulang-ulang serta memicu situasi yang kompleks.

"Tiongkok akan mengambil tindakan tegas terhadap setiap pelanggaran kedaulatan dan provokasi, dan dengan tegas menjaga kedaulatan teritorial serta hak-hak dan kepentingan maritim kami," ujar juru bicara kementerian tersebut.

Latihan minggu ini juga mengikuti penunjukan Dong Jun sebagai menteri pertahanan Beijing.

Sheena Chestnut Greitens, seorang pakar politik Tiongkok, mengatakan kepada AFP bahwa latar belakang Dong di bidang-bidang penting dalam ketegangan militer dan sebagai pejabat angkatan laut mungkin berperan dalam promosinya.

"Dia memiliki pengalaman operasional dan latar belakang dalam tantangan yang dihadirkan oleh Taiwan, Laut Cina Selatan, dan Laut Cina Timur," pungkasnya. (AFP/Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat