visitaaponce.com

Israel Akan Kembali Kirim Utusannya ke Madrid Setelah Polemik dengan Spanyol

Israel Akan Kembali Kirim Utusannya ke Madrid Setelah Polemik dengan Spanyol
Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez (kiri) berjabat tangan dengan Duta Besar Israel untuk Spanyol Rodica Radian-Gordon.(AFP)

MENTERI Luar Negeri Israel menyatakan akan mengirim kembali utusan negaranya ke Madrid setelah pendahulunya memanggilnya kembali sebagai tanggapan atas pertanyaan Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, terkait legalitas perang Israel di Gaza.

Rodica Radian-Gordon telah dipanggil kembali pada November oleh Menteri Luar Negeri Israel, Eli Cohen, menyusul apa yang disebutnya sebagai "komentar yang tidak masuk akal" yang dibuat Sanchez dalam sebuah wawancara.

Sanchez menyatakan ia memiliki "keraguan serius" mengenai legalitas tindakan Israel di Jalur Gaza yang dilanda perang, kata pejabat Israel kepada AFP dengan syarat anonimitas pada saat itu. Namun, pengganti Cohen, Israel Katz, mengumumkan telah memutuskan untuk mengirim kembali utusan tersebut ke Madrid.

Baca juga: PBB sangat Terusik Israel Ingin Usir Warga Gaza

Katz mengatakan keputusan itu diambil karena ada perubahan pesan yang lebih baik dari pemerintah Spanyol. Tujuannya juga untuk mendapatkan dukungan untuk hak negara Israel melindungi warganya dari organisasi teroris Hamas dan untuk mendapatkan lebih banyak tekanan internasional agar para sandera dibebaskan.

Tegangan diplomatik antara Israel dan Spanyol meningkat setelah pernyataan berulang Sanchez yang mengkritik kampanye militer Israel di Gaza sebagai respons terhadap serangan Hamas pada 7 Oktober.

Baca juga: Tak Kuasa Lihat Penderitaan Warga Gaza, Orang Kepercayaan Biden Resign

Israel juga telah memanggil kembali duta besarnya dari Turki dan Afrika Selatan menyusul pernyataan pemimpin negara-negara tersebut mengenai perang di Gaza. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat