visitaaponce.com

Jenin Memanas, 6 Orang Tewas Dibom Drone Israel

Jenin Memanas, 6 Orang Tewas Dibom Drone Israel
Lokasi penyerangan drone Israel di Jenin, Tepi Barat, yang menewaskan 6 warga Palestina, Minggu (7/1).(AFP/Zain Jaafar)

KEMENTERIAN Kesehatan Palestina menyampaikan sedikitnya 6 orang tewas pada Minggu (7/1) pagi akibat serangan Israel di JeninTepi Barat yang diduduki. Empat syuhada berasal dari kelompok Hamas, seorang pemuda dari kelompok Jihad Islam dan seorang pemuda lainnya dari kalangan sipil.

“Pemboman pendudukan Israel terhadap sekelompok warga menewaskan 6 orang di Jenin,” kata Kementerian Kesehatan yang dikelola Otoritas Palestina berbasis di Tepi Barat.

Kantor berita resmi Palestina, Wafa, melaporkan pada Minggu pagi pengerahan besar-besaran pasukan Israel dilakukan di Jenin atau dikenal sebagai Gaza kecil karena kuatnya perlawanan warga Palestina di sana.

Baca juga : Warga Inggris Buat Petisi Usir Dubes Israel

Gerakan Jihad Islam, induk Saraya Al-Quds berduka atas kesyahidan anggotanya dan mengungkapkan kronologi penyerangan tersebut. Saraya Al-Quds yang berarti "Jerusalem Brigades", adalah sayap militer dari organisasi Islam Palestinian Islamic Jihad (PIJ).

"Kami berduka atas kepahlawanan para syuhada Palestina yang gugur setelah pasukan penjajah membom mereka dengan drone di Jenin saat fajar hari ini. Kami menegaskan bahwa satu-satunya pilihan untuk menghadapi dan memerangi musuh adalah dengan melawan, bertempur dengannya di semua arena, dan memicu konfrontasi. Kami memberikan penghormatan kepada para mujahidin heroik di Brigade Al-Quds, yang menulis epos kepahlawanan dan pengorbanan (tadhiyah) yang paling indah bersama semua petarungnya," kata Saraya Al-Quds, dikutip dari Telegram.

Baca juga : Menlu AS Datangi Timur Tengah, Ini Kata Pengamat

Kekerasan meningkat di Tepi Barat menyusul serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel yang dilancarkan Hamas dari Jalur Gaza pada tanggal 7 Oktober, dan mengakibatkan kematian sekitar 1.140 orang, sebagian besar adalah warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Sebagai tanggapan, Israel melakukan pemboman tanpa henti dan invasi darat yang telah menewaskan sedikitnya 22.722 orang, kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan Gaza yang dikelola Hamas.

Setidaknya 327 warga Palestina telah terbunuh di Tepi Barat sejak konflik pecah, menurut perhitungan Kementerian Kesehatan Otoritas Palestina.

Kota Jenin dan kamp pengungsinya telah berulang kali menjadi lokasi serangan Israel. Israel telah menduduki Tepi Barat sejak Perang Enam Hari pada tahun 1967. (AFP/Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat