visitaaponce.com

United Airlines Temukan Baut Longgar pada Pesawat Boeing 737 MAX 9

United Airlines Temukan Baut Longgar pada Pesawat Boeing 737 MAX 9
United Airlines menemukan baut yang longgar pada pesawat Boeing 737 MAX 9 saat inspeksi awal, setelah insiden penerbangan Alaska Airlines.(AFP)

UNITED Airlines mengatakan inspeksi telah menemukan baut yang longgar pada pesawat Boeing 737 MAX 9 dalam armadanya selama pemeriksaan awal menyusul insiden penerbangan tengah malam Alaska Airlines.

"United telah menemukan kasus-kasus yang tampaknya terkait dengan masalah instalasi pada plug pintu, misalnya, baut yang memerlukan pengetatan tambahan," kata maskapai tersebut.

Pada Jumat, pesawat penumpang Alaska Airlines melakukan pendaratan darurat setelah komponen plug pintu meledak. "Kami sedang bekerja untuk mengembalikan Boeing 737 MAX 9 kami ke layanan dalam beberapa hari ke depan," kata United dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: AS Perintahkan Inspeksi Boeing 737 MAX 9 Setelah Insiden Darurat

United telah membatalkan 200 penerbangan MAX 9 sejak insiden tersebut dan mengharapkan pembatalan signifikan pada Selasa, kata maskapai tersebut.

Plug pintu adalah panel penutup yang digunakan untuk mengisi pintu darurat yang tidak diperlukan pada pesawat dengan konfigurasi kursi lebih kecil. 

Baca juga: Ini Keunggulan Pesawat Tempur F-15EX dari AS yang Dibeli Prabowo Subianto

Setelah insiden Alaska Airlines, Administrasi Penerbangan Federal (FAA) memerintahkan operator untuk menangguhkan 171 pesawat dengan konfigurasi yang sama. Penyelidik AS terus menyelidiki insiden Jumat, tetapi analis telah mengemukakan kesalahan itu mungkin berasal dari cacat manufaktur atau pengendalian kualitas.

Dengan 79 pesawat MAX 9, United memiliki armada terbesar dari pesawat yang terkena dampak. 

Pada hari Senin, FAA mengumumkan mereka menyetujui peta jalan untuk maskapai menyelesaikan inspeksi yang mencakup plug pintu kiri dan kanan, komponen, dan pemasangannya. Namun, United mengatakan mereka masih menunggu persetujuan final untuk proses inspeksi lengkap.

Pada bulan Desember, Boeing mendorong maskapai untuk melakukan inspeksi tambahan untuk memeriksa perangkat keras yang longgar pada sistem kendali kemudi pesawat setelah operator internasional menemukan baut yang kehilangan mur saat melakukan pemeliharaan rutin. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat