visitaaponce.com

Presiden Jokowi Tawarkan Investasi di IKN pada Konsorsium Investor di Brunei

Presiden Jokowi Tawarkan Investasi di IKN pada Konsorsium Investor di Brunei
Presiden memaparkan sejumlah insentif yang akan diberikan kepada investor untuk IKN Nusantara di Brunei Darussalam.(Youtube Setpres)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengajak pengusaha Brunei Darussalam berinvestasi untuk pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur. Hal itu disampaikan presiden saat bertemu dengan sejumlah pengusaha Brunei Darussalam yang tergabung dalam konsorsium investor di Assarraa Guest House, Bandar Seri Begawan, Brunei, Sabtu (13/1) seperti dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Minggu (14/1)

Presiden memaparkan sejumlah insentif yang akan diberikan pada investor untuk IKN. Insentif itu antara lain pengurangan pajak, super tax deduction, tax holiday, serta pembebasan bea masuk.

"Saya berharap minat investasi dari Your Highness (Yang Mulia) dapat segera direalisasikan," ujar Jokowi.

Baca juga: Jokowi Hadiri Resepsi Pernikahan Pangeran Brunei Abdul Mateen

Pada kesempatan itu, presiden menyampaikan IKN merupakan agenda strategis Indonesia. Pembangunan IKN, ujarnya, telah disetujui oleh parlemen. Selain itu, Jokowi juga menuturkan bahwa Undang-Undang No.3/2022 tentang IKN menjadi landasan pembangunan di IKN telah mendapat persetujuan 93% partai di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)

Jokowi menjanjikan pemerintah akan membangun IKN sebagai kota hutan dengan 70% area hijau. Lalu, 80% transportasi merupakan transportasi publik berbahan bakar energi hijau.

Baca juga: Tiba di Brunei, Presiden Jokowi akan Hadiri Undangan Pernikahan Pangeran Abdul Mateen

"Ini adalah komitmen untuk terus menjaga Pulau Kalimantan--Borneo--sebagai paru-paru dunia yang memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat, juga menciptakan magnet ekonomi baru," imbuhnya.

Lebih jauh, Presiden Jokowi menyampaikan proses pembangunan inti di IKN mencapai 70% dengan target akan diperkirakan akan selesai pada pertengahan 2024. Saat ini, sambung presiden, sudah ada investasi yang masuk dan memulai pembangunan infrastruktur, ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking.

"Ada 13 yang telah groundbreaking, baik berupa rumah sakit ada 3 rumah sakit, ada 5 hotel, dan ada 2 mal, ada training center untuk sepak bola, juga ada transportasi hijau. Termasuk Nusantara Superblock di kawasan terintegrasi dengan hotel bintang lima, tempat hiburan, dan pusat perbelanjaan," jelasnya.

Seusai acara itu, terdapat penyerahan Letter of Interest oleh konsorsium investor, yang dilakukan oleh Putri Amal Rakiah kepada Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat