visitaaponce.com

Lagi, Kapal Kargo Amerika Kena Rudal Houthi Yaman

Lagi, Kapal Kargo Amerika Kena Rudal Houthi Yaman
Peta Yaman(AFP)

SEBUAH kapal kargo milik Amerika Serikat terkena serangan rudal di lepas pantai Yaman pada hari Senin (15/1), kata badan keamanan Inggris dan perusahaan risiko maritim, sehari setelah Angkatan Militer Houthi Yaman menembakkan rudal jelajah ke kapal perusak AS.

Badan keamanan Operasi Perdagangan Maritim Inggris melaporkan adanya kapal yang terkena rudal dari atas di situs webnya, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Menurut Ambrey, sebuah perusahaan risiko maritim Inggris, kebakaran terjadi di kapal curah milik AS yang berbendera Kepulauan Marshall, namun kapal tersebut tetap layak berlayar dan tidak ada korban jiwa.

Baca juga : Serangan AS dan Inggris Gagal Hentikan Aksi Houthi di Laut Merah

"Perusahaan tersebut menilai serangan itu menyasar kepentingan AS sebagai respons terhadap serangan militer AS terhadap posisi militer Houthi di Yaman”, kata Ambrey, seraya menambahkan bahwa kapal tersebut dinilai tidak berafiliasi dengan Israel.

Namun, pada Senin (15/1) malam, sumber militer Yaman mengatakan kepada Al Jazeera bahwa kapal itu ditarget karena menuju Israel. "Pasukan Ansarullah Al-Houtsi menargetkan sebuah kapal di Laut Merah yang sedang menuju ke Israel," kata sang sumber.

Baca juga : 4 Hal Tentang Pasukan Houthi di Yaman

Houthi telah menargetkan kapal-kapal yang terkait dengan Israel sebagai protes terhadap kekejaman Israel di Palestina dengan menyetop akses bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Pasukan AS dan Inggris pada hari Jumat melancarkan serangan terhadap sasaran pemberontak di seluruh Yaman, meningkatkan kekhawatiran bahwa perang Israel dengan militan Hamas Palestina dapat melanda wilayah tersebut. (AFP/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat