visitaaponce.com

Ukraina Klaim Jatuhkan Dua Pesawat Rusia

Ukraina Klaim Jatuhkan Dua Pesawat Rusia
Panglima Tertinggi Ukraina Valerii Zaluzhnyi(AFP)

MILITER Ukraina mengklaim telah menembak jatuh dua pesawat komando Rusia. Kabar ini merupakan salah satu yang paling buruk bagi kekuatan udara Kremlin sejak dimulainya invasi besar-besaran oleh Vladimir Putin.

Panglima Tertinggi Ukraina Valerii Zaluzhnyi mengatakan angkatan udaranya telah menghancurkan sebuah pesawat pendeteksi radar jarak jauh A-50 dan sebuah pesawat pusat kendali Il-22. Keduanya terbang di atas Laut Azov pada Minggu (14/1), usai menyerang pada pukul 21.10 waktu setempat.

A-50, yang mendeteksi pertahanan udara dan mengoordinasikan target jet Rusia, jatuh seketika dan menewaskan awaknya. Sementara Il-22 yang rusak parah telah melakukan pendaratan darurat di sebuah lapangan terbang di Anapa, Rusia.

Baca juga: Inggris Kirim 20.000 Personel untuk Latihan Militer NATO, Terbesar dalam Beberapa Dekade

Tidak jelas bagaimana Ukraina berhasil menargetkan dan menembak jatuh pesawat tersebut. Salah satu teorinya serangan itu menggunakan rudal anti-pesawat Patriot yang dipasok oleh Amerika Serikat. Namun, hal ini akan melibatkan pemindahan sistem ke dekat garis depan agar dapat dideteksi.

Para pejabat Rusia mengatakan mereka tidak memiliki informasi tentang apa yang sebenarnya terjadi. Para blogger pro-Kremlin menyatakan pesawat-pesawat tersebut terkena tembakan teman atau bahkan ditembak jatuh oleh tim operasi SAS Inggris yang menggunakan rudal permukaan-ke-udara.

Baca juga: Rusia Hancurkan Industri Militer Ukraina

Insiden ini merupakan pukulan bagi sektor penerbangan Rusia dan dorongan moral bagi angkatan bersenjata Ukraina. Serangan balasan Kyiv tahun lalu gagal dan dalam beberapa bulan terakhir Rusia telah melancarkan gelombang serangan di wilayah timur, di sepanjang garis depan yang membeku, dalam upaya untuk mendapatkan kembali inisiatif tersebut.

Menurut Kementerian Pertahanan Inggris, Kremlin hanya memiliki enam A-50 yang berfungsi dalam pelayanan. Setiap pesawat membutuhkan biaya US$330 juta untuk pembuatannya. Februari lalu, partisan di Belarus menyerang A-50 lainnya ketika pesawat itu berada di pangkalan udara dekat Minsk. Tidak jelas berapa banyak kerusakan yang ditimbulkannya.

Sejak tahun lalu Ukraina secara sistematis merusak infrastruktur militer Rusia di wilayah pendudukan Krimea, dengan menargetkan stasiun radar dan instalasi lainnya. Mereka mengebom markas armada Laut Hitam Rusia di pelabuhan Sevastopol dan memaksa kapal angkatan laut pindah ke pelabuhan yang lebih aman.

Kyiv kini tampaknya menantang dominasi Rusia di Laut Azov, yang mencakup pelabuhan Berdyansk dan Mariupol, yang direbut pada 2022. Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, Zaluzhnyi mengatakan dua pesawat Rusia dihancurkan dalam apa yang disebutnya tindakan yang direncanakan dan dilakukan dengan sangat baik. operasi di selatan negara itu.

Juru bicara angkatan udara Ukraina, Yurii Ihnat, mengatakan Il-22 telah rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi. Dia menambahkan bahwa pesawat mata-mata A-50 adalah target prioritas. Sebuah gambar yang belum dikonfirmasi di media sosial menunjukkan bagian ekor Il-22, tampaknya penuh dengan kerusakan akibat pecahan peluru.

Rusia telah mengalami serangkaian kemunduran yang memalukan terhadap armada udara era Soviet yang menua dalam beberapa pekan terakhir. Pekan lalu, badan intelijen Ukraina mengatakan mereka berada di balik serangan terhadap jet Su-24, yang diparkir di pangkalan udara di luar kota Chelyabinsk, Rusia. Itu terbakar habis. Seorang remaja kemudian ditangkap.

Pada Desember, pertahanan udara Rusia menembak jatuh jet Su-25 Rusia. Awal bulan yang sama Ukraina menghancurkan sebuah pembom Su-24M. Komentator Ukraina bereaksi dengan gembira terhadap berita tersebut, yang mendominasi saluran media sosial pada hari Senin.

Illia Ponomarenko, mantan koresponden pertahanan untuk surat kabar Kyiv Independent, menulis dengan sederhana dikonfirmasi oleh komando Ukraina. Pembunuhan udara terbesar dalam perang sejauh ini.

Angkatan Udara Ukraina dengan bercanda mengisyaratkan bahwa akan ada lebih banyak lagi bencana yang akan terjadi. Mereka mengunggah gambar dua pesawat yang jatuh, dengan tulisan "Siapa yang melakukan ini?,” pungkasnya. (The Guardian/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat