visitaaponce.com

Palestina Apresiasi Dukungan Tak Tergoyahkan Gerakan Non-Blok

Palestina Apresiasi Dukungan Tak Tergoyahkan Gerakan Non-Blok
Duta Besar Palestina untuk PBB Riyad Mansour(AFP/Charly TRIBALLEAU)

PALESTINA mengapresiasi Gerakan Non-Blok (GNB), yang memberikan dukungan tegas untuk perjuangan Palestina. Lebih dari 100 negara anggota GNB dan pengamat telah mengirimkan perwakilan mereka ke Konferensi Tingkat Tinggi di Uganda.

“Sejak awal, GNB selalu hadir untuk mendukung kepentingan hak asasi rakyat Palestina,” kata Duta Besar Palestina untuk PBB Riyad Mansour kepada wartawan di Kampala, Uganda.

Uganda menjadi tuan rumah KTT, yang kelahirannya terjadi dalam KTT Asia-Afrika yang diselenggarakan di Bandung, Indonesia pada 1955, pada saat banyak orang di seluruh dunia mengecam ketidakadilan yang besar, dengan lebih dari 24.000 warga Palestina terbunuh di Jalur Gaza selama 100 hari terakhir.

Baca juga: Hamas Tunjukan Dua Tawanan Tewas Oleh Serangan Israel

Sebagian besar dari mereka adalah perempuan dan anak-anak, dan lebih dari 60ribu orang terluka. Deklarasi mengenai perang Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza adalah salah satu isu utama yang akan dibahas dalam pertemuan puncak negara-negara anggota GNB selama seminggu.

Duta Besar Uganda untuk PBB Adonia Ayebare mengatakan masalah Palestina adalah agenda tersendiri, ada komite menteri yang akan duduk dan deklarasi akan dinegosiasikan oleh negara-negara anggota GNB.

Baca juga: Israel Serbu Kampus An-Najah Nablus dan Tangkap Puluhan Mahasiswa Palestina

Pertemuan yang mengusung tema “Memperdalam kerja sama untuk kesejahteraan global bersama” ini akan membahas dan mengeluarkan pernyataan mengenai isu-isu utama termasuk ketegangan geo-politik dari Timur Tengah hingga Laut Cina Selatan, isu hak asasi manusia, perubahan iklim, kejahatan transnasional, pembangunan, dan pembangunan inklusif. (Anadolu/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat