visitaaponce.com

Trump Menang di New Hampshire

Trump Menang di New Hampshire
Kandidat Presiden Donald Trump memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Republik di New Hampshire.(AFP)

KANDIDAT Presiden Donald Trump memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Republik di New Hampshire, Amerika Serikat, Selasa (23/1). Bahkan sebagian besar pendukung saingannya, Nikki Haley, telah mengakui Partai Republik akan memberi mandat kepada Trump.

Itu berdasarkan hasil jajak pendapat AP VoteCast yang telah melancarkan survei terhadap 1.968 pemilih di New Hampshire. Namun AP VoteCast menemukan beberapa pemilih mengkhawatirkan Trump akan kesulitan bersaing dalam pemilihan umum.

Namun terdapat temuan beberapa orang mengkhawatirkan konsekuensi hukum Trump dalam tiga persidangan pidana yang menunggu putusan. Survei tersebut juga menemukan tanda-tanda bahwa para pemilih utama di kubu Demokrat mendukung Presiden Joe Biden dalam bidang ekonomi.

Baca juga: Donald Trump Gelar Rapat Pamungkas di New Hampshire Sebelum Pemilihan

Selain itu banyak yang mengkhawatirkan usianya yang sudah mencapai 81 tahun dan cara menangani situasi di Timur Tengah. Pemilihan pendahuluan di New Hampshire bersifat unik karena pemilih yang tidak diumumkan. Mereka yang tidak berafiliasi dengan salah satu partai dapat memilih untuk memilih dalam pemilihan pendahuluan.

Lebih dari 4 dari 10 pemilih utama Partai Republik tidak berafiliasi dengan partai politik. Sementara 2 dari 10 pemilih utama terjadi di Partai Demokrat. Sebagian besar pemilih Partai Republik di negara bagian tersebut tidak memiliki gelar sarjana. Sekitar dua pertiga dari kelompok ini memilih Trump.

Baca juga: Suara Biden Palsu Ajak Warga AS Golput

Trump didukung Partai Republik yang memprioritaskan imigrasi atau ekonomi, dua isu utama di kalangan pemilih Partai Republik di New Hampshire dan Iowa, tempat mantan presiden tersebut memenangkan kaukus pendahuluan pekan lalu.

Di antara warga New Hampshire yang menyebut imigrasi sebagai prioritas utama mereka, sekitar tiga perempatnya mendukung Trump. Para pemilih utama di New Hampshire setuju dengan Trump mengenai perlunya membatasi imigrasi dan membangun tembok di perbatasan AS-Meksiko.

Sekitar setengah dari mereka yang mengatakan perekonomian adalah alasan utama dalam mendukung Trump. Dibandingkan di Iowa, sedikit pemilih di New Hampshire yang ragu terhadap Trump.

Mayoritas pemilih Partai Republik di New Hampshire, sekitar 8 dari 10 responden yakin Trump akan memenangkan nominasi tersebut. Sebuah temuan yang muncul setelah penampilan dominannya di Iowa.

Hanya sekitar 2 dari 10 yang mengatakan Haley akan menjadi nominasi. Sebagai pukulan terhadap kandidat yang mengajukan dirinya sebagai alternatif Trump, lebih dari separuh pendukung Haley berpikir Trump akan mewakili partainya dalam pemungutan suara.

Sekitar 8 dari 10 mengatakan mereka memutuskan sebelum Iowa kandidat mana yang akan mereka dukung. Setelah kaukus itu tiga kandidat menyatakan mundur yakni investor bioteknologi Vivek Ramaswamy, mantan Gubernur Arkansas Asa Hutchinson, dan Gubernur Florida Ron DeSantis.

Sekitar 6 dari 10 pemilih Partai Republik mengatakan bahwa mereka sudah mengambil keputusan lebih dari sebulan yang lalu, termasuk sekitar 4 dari 10 yang mengatakan bahwa mereka sudah mengetahuinya sejak lama. (France24/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat