visitaaponce.com

Sejumlah Politisi Republik Hadir di Persidangan Donald Trump

Sejumlah Politisi Republik Hadir di Persidangan Donald Trump
Ketua Dewan Mike Johnson menghadiri persidangan pidana Donald Trump(Akun X)

PERSIDANGAN Donald Trump menarik perhatian. Tidak hanya dihadiri sekelompok pengacara dan ajudan kampanyenya, terlihat politisi Partai Republik

Ketua Dewan Mike Johnson bertemu dengan mantan presiden di pengadilan di Manhattan, menyambutnya dengan senyum dan anggukan. Kemudian, ketika persidangan terkait uang diam masih berlangsung, ia memberikan pernyataan singkat kepada pers di luar.

"Saya sangat jijik dengan apa yang terjadi di sini," katanya, "apa yang dilakukan terhadap seluruh sistem keadilan kita."

Baca juga : Donald Trump Gelar Rapat Pamungkas di New Hampshire Sebelum Pemilihan

Trump membantah 34 tuduhan pemalsuan catatan bisnis terkait pembayaran uang diam kepada bintang porno Stormy Daniels selama kampanye presiden 2016. Jaksa New York menggunakan teori hukum baru untuk mengklaim dugaan upaya penutupan tersebut merupakan campur tangan dalam pemilihan.

Johnson menyebut persidangan itu "palsu" dan "memalukan," mengatakan saksi Michael Cohen adalah seorang pembohong yang terbukti, dan mengklaim Trump menjadi sasaran lawan politiknya untuk menjauhkannya dari kampanye presiden saat dia berusaha merebut kembali Gedung Putih. Dia bahkan membanggakan jumlah kerumunan di kampanye Trump di New Jersey, Sabtu.

Ini adalah pertunjukan dramatis dukungan oleh orang kedua dalam barisan presiden AS. 

Baca juga : Jadi Saksi di Pengadilan, Trump Mengamuk

Jika hubungan saling menguntungkan antara Trump dan Johnson terlihat jelas pada  Selasa, itu adalah simbol dari seberapa terkaitnya nasib hukum Trump dengan nasib Partai Republik selama tahun pemilihan ini.

Banyak dari mereka duduk di belakang mantan presiden di ruang sidang atau berdiri mengangguk saat dia memberikan pernyataan pers spontan sebelum dan setelah persidangan hari itu.

Mereka juga memberikan konferensi pers, secara langsung menantang kebenaran saksi-saksi jaksa penuntut dan mempertanyakan motivasi politik keluarga hakim yang memimpin. 

Baca juga : Donald Trump Nilai Sidang Kasus Pembayaran Diam-diam Sebagai Penipuan

Beberapa Republikan, seperti Senator Tommy Tuberville dari Alabama dan Rick Scott dari Florida, serta pejabat tingkat negara bagian lainnya, tampak puas menggunakan kehadiran mereka untuk mendapatkan simpati dengan pemimpin partainya dan berbagi sebagian dari sorotan yang dibuat persidangan itu.

Minggu ini, beberapa calon wakil presiden yang dirumorkan telah bergabung dengan Trump di ruang sidang. Para VIP termasuk Senator JD Vance dari Ohio, Anggota Kongres Byron Donalds dari Florida, dan mantan kandidat presiden Republik Vivek Ramaswamy dan Gubernur Dakota Utara Doug Burgum.

Pada awal persidangan, sedikit Republikan yang hadir. Tetapi setelah Senator Scott hadir pekan lalu, tetesan telah berubah menjadi banjir, hanya semakin membingungkan batas antara politik dan hukum di pengadilan New York.

Jika sebelumnya ada keraguan persidangan Trump akan berubah menjadi pertunjukan politik, pertanyaan itu sekarang telah dijawab dengan tegas - dan proses tersebut masih jauh dari selesai. (BBC/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat