visitaaponce.com

Donald Trump Nilai Sidang Kasus Pembayaran Diam-diam Sebagai Penipuan

Donald Trump Nilai Sidang Kasus Pembayaran Diam-diam Sebagai Penipuan
Mantan Presiden AS Donald Trump(AFP)

DONALD Trump mengkritik Hakim Juan Merchan dan menyebut persidangan pembayaran diam-diam sebagai "penipuan" saat ia meninggalkan pengadilan Manhattan, Senin.

"Ini adalah penipuan, saya pikir ini adalah hal yang mengerikan yang terjadi pada demokrasi di negara ini," kata Trump. 

Dia kemudian menyebut kasus tersebut sebagai "perjanjian yang direkayasa" dan Merchan "bertentangan".

Baca juga : Pengacara Donald Trump Coba Ragukan Kredibilitas Stormy Daniels

Dia melanjutkan dengan membaca komentar yang dibuat oleh sekutunya mengenai kasus tersebut.

"Tidak ada penipuan di sini, tidak ada kejahatan di sini," kata Trump.

Dalam persidanganan, Michael Cohen dihadirkan sebagai saksi. Ia menjelaskan bagaimana dia, mantan CFO Trump Org Allen Weisselberg, dan Donald Trump setuju untuk mengganti biaya US$130.000 pembayaran diam-diam kepada Stormy Daniels.

Baca juga : Hakim Merchan Menolak Permohonan Pembelaan Donald Trump untuk Pembatalan Persidangan

Setelah Trump memenangkan pemilihan, Cohen mengajukan kepada Trump sebuah rencana di mana dia akan bertugas sebagai pengacara pribadi Trump secara gratis tetapi akan dibayar oleh perusahaan-perusahaan yang berharap mendapatkan wawasan tentang Trump.

Pada awal Januari, Cohen pergi ke Weisselberg untuk diminta penggantian biaya pembayaran $130.000, dan Weisselberg menyetujuinya, kata Cohen. Dia menunjukkan dokumen transfer kawat kepada Weisselberg, dan Weisselberg membuat catatan tangan menghitung berapa yang harus dibayar Trump kepada Cohen berdasarkan percakapan mereka.

Weisselberg menyarankan Cohen untuk mengambil uang tersebut sebagai pendapatan daripada penggantian biaya yang tidak dikenakan pajak, kata Cohen. 

Baca juga : Donald Trump Diam dan muram Saat Jalani Pengadilan

"Saya tidak benar-benar memikirkannya. Saya hanya ingin mendapatkan uang saya kembali," katanya.

Menurut Cohen, mereka setuju bahwa Trump akan membayar dia sebesar US$420.000: US$130.000 untuk mengganti biaya pembayaran kepada Daniels, US$50.000 untuk mengganti biaya layanan teknologi yang tidak terkait, US$180.000 untuk memperhitungkan pajak yang diperkirakan, dan bonus US$60.000. 

"Pembayaran tersebut akan dilakukan selama 12 bulan seperti layanan hukum yang diberikan karena saya kemudian akan diberi gelar pengacara pribadi presiden," kata Cohen.

Baca juga : Persidangan Donald Trump Akan Dimulai dengan Pembukaan Pernyataan

Mereka menyajikan rencana tersebut kepada Trump, dan dia menyetujuinya, kata Cohen. Pembayaran-pembayaran tersebut dirancang untuk terlihat seperti layanan hukum di masa depan, tetapi sebenarnya merupakan penggantian biaya untuk kesepakatan dengan Daniels, katanya.

"Apa yang (Weisselberg) katakan kepada saya adalah: 'Setiap bulan, kirimkan saja invoice kepada kami. Dan tandai untuk layanan hukum yang diberikan sesuai dengan perjanjian, dan kami akan mengirimkan cek kepada Anda,'" kata Cohen. 

Cohen sebenarnya tidak pernah menyusun perjanjian retainer untuk pekerjaan masa depan yang akan dia lakukan untuk Trump, "karena saya tahu tidak akan ada kompensasi," katanya. (CNN/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat