visitaaponce.com

Pengacara Donald Trump Coba Ragukan Kredibilitas Stormy Daniels

Pengacara Donald Trump Coba Ragukan Kredibilitas Stormy Daniels
Pada persidangan terbaru, pengacara Donald Trump menyelesaikan pemeriksaan silang terhadap Stormy Daniels(AFP)

PENGACARA Donald Trump menyelesaikan pemeriksaan silang terhadap Stormy Daniels, Kamis. Mereka menghabiskan sebagian besar waktu untuk meragukan kredibilitasnya dengan menyoroti inkonsistensi dalam cerita Daniels.

Dalam waktu lebih dari 6 jam kesaksiannya selama dua hari, Daniels menggambarkan pertemuan pertamanya dengan Trump, rincian dari dugaan hubungan seksual mereka pada 2006, dan bagaimana pembayaran uang diam berlangsung bertahun-tahun kemudian. Pembelaan mencoba memperjelas beberapa cara bintang porno itu mendapatkan publisitas dan uang dari ceritanya yang tersebar.

Saksi lainnya, seorang akuntan junior di Trump Organization, seorang karyawan Harper Collins, dan mantan asisten pribadi Trump di Gedung Putih.

Berikut fakta-fakta yang terungkap di pengadilan

Stormy Daniels 

  • Pengacara Trump, Susan Necheles, menyoroti dalam pernyataan Januari 2018, Daniels membantah hubungan seksual dengan Trump. Kemudian pada bulan yang sama, Daniels mengeluarkan pernyataan kedua membantah hubungan tersebut. Dia mengatakan didorong untuk menandatangani pernyataan itu oleh Michael Cohen melalui pengacara Keith Davidson.
  • Necheles bertanya kepada Daniels apakah pada akhirnya dia ingin mengumumkan secara publik bahwa dia berhubungan seks dengan Trump. "Tidak. Tidak ada yang akan ingin mengatakan itu secara publik. Saya ingin membela diri secara publik," Daniels bersaksi.
  • Necheles berusaha menunjukkan contoh bagaimana Daniels mendapat manfaat dari cerita tersebut. Wawancara "60 Minutes" dan penampilan di CNN dan "The View" membawa publisitas bagi Daniels, kata Necheles. Daniels berpendapat bahwa pengacaranya saat itu, Michael Avenatti, mengatur penampilannya.
  • Necheles menantang cerita Daniels, mengatakan bahwa "ceritanya telah berubah banyak selama bertahun-tahun," mengutip deskripsi Daniels tentang lantai di kamar hotel Trump. Pengacara Trump juga bertanya apakah Daniels memalsukan cerita tentang pertemuan dengan Trump, yang dibantah oleh Daniels.

Pada pengalihan:

  • Jaksa penuntut Susan Hoffinger menjelaskan motivasi Daniels untuk masuk ke dalam perjanjian non-disclosure, termasuk ketakutan akan keselamatannya. Sementara Daniels telah mendapatkan uang dengan cerita Trump, itu juga telah merugikannya, kata Hoffinger. Daniels mengatakan sekarang ia harus menyewa keamanan dan memindahkan putrinya ke tempat tinggal yang aman, ditambah dengan uang yang dia harus bayar kepada Trump untuk biaya pengacara.
  • Hoffinger bertanya, "Apakah Anda telah berbohong tentang Mr. Trump atau mengatakan kebenaran tentang Mr. Trump?" Daniels menjawab, "Kebenaran."

Rebecca Manochio:

  • Manochio, yang masih bekerja di Trump Organization sebagai seorang akuntan junior, mengatakan ketika Trump berada di Gedung Putih, dia akan mengirimkan cek lewat FedEx sekali seminggu, seringkali 10 hingga 20 sekaligus. Cek tersebut dikirim kembali ke Trump Organization, ditandatangani Trump, biasanya dalam beberapa hari.
  • Ketika dia menerima kembali cek dari Washington, dia akan memberikannya kepada Deb Tarasoff, yang bekerja di departemen akuntansi dan telah bersaksi sebelumnya dalam persidangan.
  • Jaksa menggunakan Manochio untuk menyampaikan dokumen ke bukti yang menunjukkan cek personal Trump dilakukan di Washington, DC, oleh pengawal badan Trump Organization, Keith Schiller, dan kemudian oleh asisten pribadi Trump, John McEntee, setelah Schiller pergi. Ini penting karena inti dari kasus ini berkaitan dengan bagaimana tim mantan presiden menangani pembayaran uang diam kepada Daniels.
  • Pada pemeriksaan silang, Manochio mengatakan bahwa dia tidak berinteraksi langsung dengan Trump dan dia hanya mengirimkan cek pribadi kepadanya untuk ditandatangani. Dia juga bersaksi bahwa dia juga mengirimkan cek pribadi ke Ivanka Trump.

Tracey Menzies:

  • Menzies adalah wakil presiden senior produksi dan operasi kreatif di Harper Collins. Bersaksi sebagai penjaga rekaman untuk perusahaan penerbitan tersebut, Menzies mengatakan.
  • Jaksa membacakan cuplikan dari buku "Think Big: Make it Happen in Business and Life" untuk juri. Beberapa dari mereka tentang nilai loyalitas Trump dalam bisnisnya. Cuplikan lainnya tentang balas dendam.

Madeleine Westerhout:

  • Sebagai mantan direktur Operasi Kantor Oval, Westerhout adalah salah satu penjaga pintu utama presiden sebagai asisten pribadi.
  • Ketika rekaman "Access Hollywood" tahun 2016 keluar, Westerhout mengatakan dia ingat itu "mengguncang kepemimpinan RNC." Dia bersaksi bahwa dia ingat percakapan tentang bagaimana mengganti Trump dalam tiket presiden, "jika itu terjadi." Kemudian, dia mengatakan kepada pembela pada pemeriksaan silang bahwa Trump tidak sekhawatir yang lain tentang rekaman itu.
  • Dari pengalaman Westerhout bekerja dengan Trump, dia mengatakan bahwa mantan presiden "perhatian terhadap hal-hal yang dibawa ke perhatiannya." Dia juga bersaksi tentang preferensi Trump — termasuk bahwa dia tidak menggunakan komputer atau memiliki alamat email dan lebih suka salinan kertas dokumen.
  • Dia mengatakan bahwa dia ingat bahwa Trump "sangat kesal" dengan cerita Stormy Daniels yang mungkin terungkap. Westerhout bersaksi bahwa Trump berbicara dengan Cohen saat itu.

Hakim membuat keputusan lain: 

Hakim Juan Merchan menolak permohonan pembelaan untuk pembatalan persidangan. Dia mengatakan dia tidak setuju dengan klaim tim Trump bahwa Daniels memberikan keterangan baru dalam kesaksian minggu ini. Dia juga menolak permohonan untuk memodifikasi perintah diam untuk memungkinkan Trump berbicara tentang Daniels.

(CNN/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat