visitaaponce.com

Indoensia Pererat Kerja Sama dengan Laos

Indoensia Pererat Kerja Sama dengan Laos
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi berjabat tangan dengan Perdana Menteri Laos Saleumxay Kommasith(AFP)

INDONESIA meningkatkan kerja sama dengan Laos melalui penandatanganan kesepahaman atau MoU kerja sama antara Indonesia dan Mekong River Commission (MRC). MoU ini meliputi sejumlah kerja sama termasuk di bidang pariwisata.

"Bersama dengan menteri luar negeri (Menlu) Laos saya telah menyaksikan penandatanganan kesepahaman atau MoU kerja sama antara Indonesia dan MRC. Inti dari MoU adalah kerja sama pemberian kapasitas di beberapa bidang prioritas," kata Menlu Retno Marsudi dalam press briefing mengenai pertemuan retreat para Menlu blok tersebut di Luang Prabang, Laos, Senin (29/1).

Ia memaparkan program yang dimaksud meliputi water resources management, irigasi, ketahanan terhadap perubahan iklim, disaster risk management, sustainable inland fisheries, water-related sustainable development goals, dan juga bidang pariwisata.

Baca juga : ASEAN Dukung Kemerdekaan Palestina

Menurut dia Indonesia merupakan negara pertama non-Mekong di ASEAN yang menandatangani kerja sama dengan MRC. Tentunya semangat yang melandasi kerja sama ini adalah spirit Bandung, memperkokoh kerja sama antara negara-negara dari the Global South.

Baca juga : ASEAN Kucilkan Junta Myanmar

Dalam pertempuran bilateral itu, kata Retno, dirinya juga mendiskusikan hal-hal yang perlu ditindaklanjuti selama keketuaan Laos. Termasuk mendorong mengimplementasikan lima poin konsensus atau Five Point Consensus (5PC) untuk Myanmar.

"Selanjutnya saya dan para Menlu ASEAN akan menuju ke Brussels (Belgia) untuk hadir dalam pertemuan para Menlu ASEAN-EU," pungkasnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat