visitaaponce.com

Delegasi Korea Utara Bertandang ke Tiongkok, Vietnam, dan Laos

Delegasi Korea Utara Bertandang ke Tiongkok, Vietnam, dan Laos
Delegasi dari Korea Utara telah melakukan perjalanan ke Tiongkok, Vietnam, dan Laos.(AFP)

MENURUT media resmi Pyongyang, sebuah delegasi partai pemerintah Korea Utara yang melakukan perjalanan ke Tiongkok, Vietnam, dan Laos telah tiba di Beijing pada hari Jumat.

Delegasi tersebut, yang dipimpin anggota politbiro alternatif Kim Song Nam, disambut oleh seorang perwakilan Partai Komunis Tiongkok di bandara pada hari Kamis, demikian laporan Korean Central News Agency (KCNA), tanpa menyebutkan tujuan perjalanan tersebut.

Laporan KCNA sebelumnya menyatakan delegasi tersebut akan melanjutkan perjalanan ke Vietnam dan Laos, juga tanpa mengungkapkan tujuan perjalanan tersebut.

Baca juga : Bom Perang Vietnam Hambat Pembangunan Jalur Kereta Tiongkok-Laos

Menurut agensi berita Yonhap Korea Selatan, Kim dianggap sebagai "ahli Tiongkok" di Pyongyang dan pernah bertugas sebagai penerjemah untuk pemimpin Korea Utara yang sudah meninggal, Kim Il Sung dan Kim Jong Il.

Xinhua, agensi berita negara Tiongkok, melaporkan delegasi tersebut bertemu pada Kamis dengan Wang Huning, ketua badan konsultasi politik teratas Tiongkok.

Tiongkok adalah pemberi manfaat ekonomi terbesar Korea Utara dan sekutu tradisional, dan pemimpin saat ini, Kim Jong Un, telah berusaha memperkuat hubungan dengan Beijing sambil meningkatkan retorika agresifnya terhadap Seoul.

Baca juga : Tiga Pelaku UKM Lakukan Ekspor Perdana, Siapa Saja?

Pada Januari, Kim mengatakan Pyongyang dan Beijing telah menetapkan tahun 2024 sebagai "tahun persahabatan DPRK-Tiongkok", menggunakan akronim untuk nama resmi Korea Utara.

Mengingat pentingnya tahun itu, Xinhua mengatakan bahwa Wang pada hari Kamis telah menyatakan kesediaan Tiongkok untuk bekerja menuju "tindakan konkret yang memajukan persahabatan antara kedua belah pihak, memperdalam kolaborasi, memperkuat komunikasi strategis, dan bekerja bersama untuk lingkungan eksternal yang damai dan stabil".

Para ahli mengatakan Korea Utara tampaknya sedang melanjutkan aktivitas diplomatis setelah beberapa tahun menutup perbatasan akibat pandemi Covid-19, dan awal bulan ini mengirimkan delegasi langka yang dipimpin Wakil Menteri Luar Negeri Pak Myong Ho ke Mongolia.

Baca juga : 16 Negara Tertua di Dunia dan Sudah Ada Mulai dari 6000 SM

Korea Utara juga menjaga hubungan yang relatif erat dengan Laos dan Vietnam.

Pemimpin Kim mengadakan pertemuan sejarah, tetapi akhirnya tidak berhasil, dengan mantan Presiden AS Donald Trump di ibu kota Vietnam, Hanoi, tahun 2019.

Pada Jumat, KCNA mengatakan Kim telah mengirimkan keranjang bunga kepada Presiden Laos Thongloun Sisoulith untuk memperingati hari ulang tahun ke-69 Partai Revolusioner Rakyat Laos.

Pada 2013, Laos banyak dikritik karena mengembalikan sembilan pengungsi Korea Utara, pada saat itu berusia 15-19 tahun, meskipun ada permohonan dari Seoul dan PBB yang mengkhawatirkan keselamatan mereka setelah kembali ke tanah airnya yang represif. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat