visitaaponce.com

22 Orang Tewas dalam Serangan di Niger Barat

22 Orang Tewas dalam Serangan di Niger Barat
Ilustrasi - penjagaan tentara Niger(AFP)

MILITAN yang diduga sebagai jihadis menyerang sebuah desa di Niger barat, dekat perbatasan dengan Mali, dan menewaskan 22 orang, demikian kata sumber lokal kepada AFP pada Senin (29/1).

Serangan pada Minggu tersebut mengincar desa Motogatta di wilayah Tillaberi yang luas, di mana Niger bertemu dengan Mali dan Burkina Faso, dan di mana kelompok-kelompok jihad sudah aktif selama beberapa tahun.

"Sayangnya, 22 orang tewas dalam serangan ini, termasuk beberapa milisi pertahanan diri," kata pejabat terpilih setempat.

Baca juga: Mantan Presiden Niger Mohamed Bazoum Dituduh Mencoba Melarikan Diri

Jumlah korban dikonfirmasi oleh seorang warga dari sebuah kota terdekat. Pejabat tersebut mengatakan bahwa para penyerang datang dengan sepeda motor ke desa sekitar pukul 4 sore (1500 GMT). "Mereka mulai menembak, membunuh orang di tempat," katanya.

Niger sedang berjuang melawan dua pemberontakan jihadis -- satu di sisi tenggara sebagai dampak dari konflik berkepanjangan di tetangga Nigeria, dan yang lainnya di barat oleh militan yang menyusup dari Mali dan Burkina Faso.

Baca juga: Junta Niger Usir Utusan PBB

Ketika pemimpin militer menggulingkan presiden yang terpilih secara demokratis, Mohamed Bazoum, pada 26 Juli, mereka mengutip penurunan situasi keamanan di negara itu sebagai alasan.

Pada 17 Desember, pemimpin kudeta Jenderal Abdourahamane Tiani mengatakan situasi keamanan "secara progresif membaik" setelah "keberhasilan ganda" pasukan dalam meredam kerusuhan. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat