visitaaponce.com

Kematian Alexei Navalny dan Kehancuran Oposisi di Rusia

Kematian Alexei Navalny dan Kehancuran Oposisi di Rusia
Kematian Alexei Navalny semakin melemahkan oposisi Rusia terhadap presiden Vladimir Putin. (AFP)

KEMATIAN pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny semakin melemahkan oposisi Rusia. Presiden Vladimir Putin menegaskan tidak akan mentolerir tantangan terhadap rezimnya.

Terdapat kekhawatiran luas bahwa Navalny mempertaruhkan nyawanya untuk melawan Putin. Navalny sempat menantangnya untuk menjadi presiden pada 2018.

Navalny nyaris selamat dari upaya pembunuhan menggunakan racun oleh novichok, sekelompok agen saraf yang dikembangkan Uni Soviet, pada 2020 di Jerman. Ia mendapat banyak pujian dari oposisi di Rusia karena secara sukarela kembali ke Tanah Airnya satu tahun kemudian.

Baca juga : Pengkritik Vladimir Putin, Alexei Navalny Tewas di Penjara

Kematiannya terjadi hanya sehari sebelum peluncuran resmi kampanye menjelang putaran baru pemilihan presiden yang ditetapkan pada 15-17 Maret. Putin mengawasi perubahan konstitusi pada 2021 yang memungkinkannya bisa mencalonkan diri untuk dua masa jabatan enam tahun lagi.

Jika menang, Putin dapat tetap berkuasa hingga 2036. Putin sudah menjadi pemimpin Kremlin yang paling lama menjabat sejak diktator Soviet Josef Stalin, yang meninggal pada 1953.

Pada 8 Desember, Putin mengumumkan pencalonannya untuk dipilih kembali dan diperkirakan akan menang, mengingat kurangnya alternatif politik dan cengkeraman kuat Kremlin terhadap aparatur negara.

Baca juga : AS Ungkap Keprihatinan Mendalam Terkait Keberadaan Alexei Navalny yang Hilang

Mereka yang cukup berani untuk menentang Putin menjelang pemungutan suara telah terhambat oleh aturan hukum. Mantan anggota parlemen Yekaterina Duntsova dilarang pada Desember untuk menantang Putin karena Komisi Pemilihan Umum Pusat menolaknya dengan alasan kesalahan dalam dokumen yang diserahkan termasuk namanya salah eja.

Duntsova mengatakan dia akan mengajukan banding atas keputusan tersebut di Mahkamah Agung dan mengajukan banding ke partai Yabloko (Apple) untuk mencalonkannya sebagai kandidat setelah pendiri dan pemimpin partai tersebut, Grigory Yavlinsky, mengatakan dia tidak akan menantang Putin untuk kursi presiden.

Duntsova mengatakan dia ingin melihat Rusia yang lebih manusiawi yang damai, ramah dan siap bekerja sama dengan semua orang berdasarkan prinsip rasa hormat. Kandidat anti-perang lainnya, Boris Nadezhdin, juga didiskualifikasi dari pemungutan suara.

Baca juga : Rusia Masukan Oposisi Alexei Navalny dalam Daftar Teroris

Mahkamah Agung Rusia menolak gugatan hukum terhadap keputusan tersebut. Namun Nadezhdin mengatakan ia akan mengajukan banding dan mengajukan tuntutan lebih lanjut terhadap penolakan komisi pemilihan untuk mendaftarkannya sebagai kandidat.

“Saya tidak menyerah dan saya tidak akan menyerah,” katanya.

Penjara Arktik

Navalny adalah kritikus Putin yang paling vokal dan paling banyak mendapat pengakuan internasional, memenangkan Hadiah Sakharov Uni Eropa untuk hak asasi manusia pada 2021.

Baca juga : Pengunjuk Rasa Berkumpul di Eropa Menyuarakan Duka Atas Meninggalnya Alexei Navalny

Tidak mengherankan, Kremlin menemukan cara untuk mengeluarkannya dari pencalonannya menantang Putin. Navalny pun dijatuhi hukuman 19 tahun penjara lagi pada Agustus tahun lalu dengan tuduhan ekstremisme.

Dia sudah menjalani hukuman sembilan tahun penjara karena penggelapan dan tuduhan lain yang menurutnya bermotif politik. Navalny sempat menghilang pada bulan Desember dari koloni penjara IK-6 di wilayah Vladimir, sekitar 250 kilometer timur Moskow, tempat dia menghabiskan sebagian besar penahanannya.

Hilangnya dia memicu kekhawatiran internasional yang luas, dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengaku sangat prihatin dengan keberadaan Aleksey Navalny.

Baca juga : Trump Membela Kontribusinya terhadap NATO Meski Menuai Kritik

Setelah mengirimkan ratusan permintaan ke pusat penahanan di seluruh Rusia, sekutu Navalny berhasil menemukannya. Dalam serangkaian pesan di X, Navalny mengatakan dia baik-baik saja dan lega karena telah tiba di penjara Arktik yang baru dan jauh lebih terpencil.

Seorang reporter BBC mengatakan Navalny tampak baik-baik saja ketika dia muncul melalui tautan video di sidang pengadilan sehari sebelum kematiannya. Para pengkritik Putin telah lama mempunyai kebiasaan buruk yaitu meninggal sebelum waktunya.

Nasib Malang Kritikus Putin

Selain Navalny yang tewas secara tidak wajar, pengkritik Putin lain juga mengalami nasib serupa. Misalnya Anna Politkovskaya, 48, seorang reporter investigasi di surat kabar independen terkemuka Novaya Gazeta dan seorang kritikus keras terhadap perang di Chechnya.

Baca juga : Mantan Perdana Menteri Finlandia Alexander Stubb Menangkan Pemilihan Presiden

Dia ditembak mati pada 2006 di pintu masuk blok apartemennya di Moskow. Lima pria dijatuhi hukuman dan dipenjarakan atas kematiannya pada 2014. Salah satu dari mereka, mantan polisi, diampuni dan dibebaskan tahun lalu setelah bertempur di Ukraina.

Alexander Litvinenko, mantan agen KGB yang menjadi kritikus Putin, meninggal setelah meminum teh hijau yang dicampur dengan isotop radioaktif polonium-210 di sebuah hotel di London pada November 2006, enam tahun setelah ia meninggalkan Rusia ke Inggris.

Dalam laporan setebal 326 halaman mengenai kematiannya, seorang hakim Inggris mengatakan pembunuhan itu mungkin disetujui oleh Putin. Kemudian politisi oposisi dan mantan wakil PM Boris Nemtsov ditembak mati di dekat Lapangan Merah di Moskow pada 2015.

Baca juga : Biden Kecam Komentar Trump Terkait NATO sebagai "Mengerikan dan Berbahaya"

Pada saat kematiannya, Nemtsov yang berusia 55 tahun itu sedang mengerjakan sebuah laporan yang dia yakini membuktikan keterlibatan langsung Kremlin dengan separatis Rusia yang meletus di Ukraina timur tahun sebelumnya.

Berikutnya pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, memimpin demonstrasi singkat namun dramatis di Moskow pada Juni lalu setelah menjadi kritikus yang semakin vokal terhadap cara Putin menangani perang di Ukraina. Setelah berjam-jam ketidakpastian, pemberontakan tersebut gagal, dan Prigozhin dilaporkan setuju untuk diasingkan di Belarus.

Dia meninggal dalam kecelakaan pesawat pribadi dua bulan setelah peluncuran tantangannya yang dibatalkan. Pecahan granat ditemukan di tubuhnya berdasarkan pernyataan Kremlin.

Baca juga : Vladimir Putin Klaim Rusia Tidak Dapat Dikalahkan di Ukraina

Yang lainnya berada di balik jeruji besi, menjalani hukuman penjara yang lama. Di tengah perang di Ukraina, undang-undang yang mengkriminalisasi mendiskreditkan angkatan bersenjata Rusia diadopsi pada 4 Maret 2022. Tiga hari berikutnya, lebih dari 60 kasus dibuka terhadap mereka yang dituduh melanggar undang-undang baru tersebut, sebagian besar dari mereka adalah pengunjuk rasa anti-perang yang damai, menurut Human Rights Watch.

Aktivis politik Rusia dan mantan jurnalis Vladimir Kara-Murza, 42, dijatuhi hukuman 25 tahun penjara pada April lalu karena secara terbuka mengutuk invasi Rusia ke Ukraina. Dia dihukum karena pengkhianatan dan menyebarkan informasi palsu tentang militer Rusia, dan tuduhan lainnya.

Kara-Murza, anggota kelompok tokoh oposisi yang menyusut dengan cepat dan tetap berada di Rusia, mengatakan dia bertekad untuk bersuara menentang Putin dan invasi ke Ukraina.

Baca juga : Rusia dan Ukraina Melakukan Pertukaran Ratusan Tawanan Perang

Juru bicara Departemen Luar Negeri Vedant Patel mengutuk hukuman tersebut . “Tuan Kara-Murza adalah target lain dari kampanye penindasan yang semakin meningkat oleh pemerintah Rusia. Kami memperbarui seruan kami untuk pembebasan Tuan Kara-Murza, serta pembebasan lebih dari 400 tahanan politik di Rusia,” kata Patel.

Kematian Navalny semakin melemahkan oposisi Rusia yang sudah hancur karena kematian dan pemenjaraan, dan banyak lainnya yang melarikan diri ke pengasingan karena khawatir akan keselamatan mereka.

"Hampir tidak ada pilihan untuk menyampaikan kritik di Rusia, di mana penindasan telah mencapai skala tak tertandingi sejak akhir Perang Dunia II”, pakar politik Rusia dari Universitas Rennes-II Cécile Vaissié.

Baca juga : Zelensky Desak Barat Gebuk Lagi Rusia

Namun dia mengatakan masih ada beberapa suara yang tersisa, dan kehadiran mereka di Rusia membawa bobot simbolis bahkan jika mereka dicegah untuk memiliki kekuatan nyata. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat