visitaaponce.com

Ratusan Dokter Magang di Korea Selatan Menghentikan Pekerjaan Terkait Reformasi Pelatihan Medis

Ratusan Dokter Magang di Korea Selatan Menghentikan Pekerjaan Terkait Reformasi Pelatihan Medis
Ratusan dokter magang di Korea Selatan telah menghentikan pekerjaan mereka sebagai bentuk protes terhadap rencana reformasi pelatihan medis(AFP)

RUMAH sakit di Korea Selatan menolak beberapa pasien dan menunda operasi pada Selasa, karena ratusan dokter magang menghentikan pekerjaan mereka dalam protes terhadap reformasi pelatihan medis. Hampir 6.500 dokter telah mengajukan pengunduran diri, hampir setengah dari jumlah pekerja muda, dengan 1.600 berhenti bekerja, demikian disampaikan Wakil Menteri Kesehatan Kedua, Park Min-soo.

Pemerintah telah memerintahkan para dokter untuk kembali bekerja, dan polisi telah mengancam akan menangkap para pembakar semangat dari pemogokan tersebut, mengingat undang-undang di Korea Selatan membatasi kemampuan staf medis untuk melakukan mogok kerja.

Park menyatakan keprihatinan dan penyesalan yang mendalam atas tindakan kolektif dokter magang yang telah menyebabkan pembatalan operasi dan gangguan dalam pelayanan medis. 

Baca juga : Pyfaesthetic dan JMBiotech Undang Dermatologis dan GP Aesthetic ke Korsel

Pemerintah menekankan prioritas untuk mempertahankan layanan darurat medis dan perawatan untuk kasus-kasus serius di rumah sakit besar, guna menghindari situasi di mana pasien dengan kondisi serius tidak dapat mendapatkan perawatan.

Korea Selatan mencatat rasio dokter terhadap penduduk yang rendah di antara negara-negara maju, dan pemerintah berupaya meningkatkan jumlah dokter, sebagian untuk menghadapi masyarakat yang menua dengan cepat. 

Namun, para dokter menentang keras rencana pemerintah untuk menaikkan jumlah penerimaan mahasiswa kedokteran, dengan klaim bahwa hal tersebut akan merugikan kualitas layanan.

Baca juga : CGBIO dan MDBeauty Aesthetic Beri 'Train to Trainer' Bersama Dr. Chang Doo Yeoul

Para pendukung rencana tersebut menyatakan bahwa dokter lebih khawatir akan dampak reformasi terhadap pendapatan dan status sosial mereka. 

Reformasi pelatihan tersebut menyerukan peningkatan sebesar 65% dalam jumlah mahasiswa yang diterima di sekolah kedokteran, sebanyak 2.000 orang setiap tahun, mulai tahun 2025.

Meskipun rencana ini populer di kalangan masyarakat, dokter menentangnya, menganggap bahwa reformasi tersebut dapat merugikan pendapatan dan status sosial mereka. Walaupun pemerintah telah mengancam dengan tindakan hukum, para dokter tetap keras dalam penolakan mereka terhadap rencana tersebut.

Baca juga : Pyfaesthetic Gelar Pelatihan Kompetensi untuk Dokter Dermatologis dan Estetika

"Saya telah mengajukan surat pengunduran diri saya," tulis Park Dan, kepala Asosiasi Dokter Magang dan Residen Korea, pada hari Senin di Facebook. 

"Sekarang saya dapat meninggalkan impian saya menjadi seorang spesialis di bidang kedokteran gawat darurat anak tanpa penyesalan. Saya tidak berniat untuk kembali." (AFP/Z-3)

Baca juga : Ajak 15 Dokter, Pyfaesthetic Adakan Cadaver Training Ke Korea Selatan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat