visitaaponce.com

Raja Harald V dari Norwegia Dirawat Lagi. Sakit Apa Sih

Raja Harald V dari Norwegia Dirawat Lagi. Sakit Apa Sih?
Rumah Sakit Sultanah Maliha, tempat Raja Harald dari Norwegia dirawat di Langkawi, Malaysia, Kamis (29/2).(AFP/Mohd Rasfan)

RAJA Harald V dari Norwegia dirawat di rumah sakit di Malaysia karena infeksi. Pria berusia 87 tahun yang merupakan raja tertua di Eropa ini menderita penyakit dalam beberapa tahun terakhir.

"Raja akan tetap dirawat di rumah sakit di pulau Langkawi dan belum diketahui kapan dia akan kembali ke rumah," kata Istana Kerajaan Norwegia dalam sebuah pernyataan pada Rabu (28/2).

Dokter pribadi raja berada di Langkawi dan memastikan kondisinya sudah membaik dari infeksi. Tetapi Harald akan tetap menjalani perawatan hingga pulih sepenuhnya.

Baca juga : Raja Norwegia Dirawat di Rumah Sakit Kala Berlibur di Malaysia

“Yang Mulia akan tetap di rumah sakit selama beberapa hari lagi. Belum ada keputusan yang diambil mengenai kepulangannya,” tambahnya.

 

Raja tertua yang berkuasa di Eropa, yang berusia 87 tahun pada Februari ini membutuhkan tongkat untuk bergerak dan telah menderita serangkaian penyakit dalam beberapa tahun terakhir, termasuk operasi jantung dan berbagai masalah pernapasan. (AFP/Cornelius Poppe)

 

Baca juga : Ramsay Sime Darby Health Care Turut Semarakkan MHExpo di Jakarta

Dia telah berulang kali sakit selama beberapa bulan terakhir. Pada Januari, istana mengatakan dia sedang cuti sakit hingga 2 Februari karena infeksi pernafasan.

Itu hanya beberapa hari setelah menepis spekulasi bahwa dia mungkin turun tahta, mengikuti jejak sepupu keduanya, Ratu Margrethe II di Denmark.

“Saya berpegang pada apa yang selalu saya katakan, bahwa saya bersumpah kepada Storting (parlemen) dan itu berlaku seumur hidup,” kata Harald, dikutip media Norwegia.

Baca juga : Syntech dan CVSKL Hospital Kerja Sama Tingkatkan Wisata Kesehatan

Dia juga dirawat di rumah sakit karena infeksi pada Desember dan diobati dengan antibiotik intravena, dan dirawat di rumah sakit pada bulan Agustus karena demam.

Saat dia tidak ada, Putra Mahkota Haakon, 50 tahun, akan mengambil alih jabatan wali. Sang pangeran mengatakan kepada wartawan di Norwegia bahwa kondisi mental ayahnya sangat baik.

Dia juga mengaku telah berbicara melalui telepon denga keluarganya tak lama setelah ayahnya dibawa ke rumah sakit pada Rabu (28/2).

Baca juga : Bidik Pasien Indonesia, Malaysia Healthcare Expo 2022 Digelar di Jakarta

“Jelas bahwa usianya membuat hal ini harus ditangani dengan baik. Mereka sangat baik di rumah sakit. Kami tidak tahu kapan dia akan pulang. Kami harus memutuskannya nanti," paparnya.

Pihak istana di Oslo mengatakan kepada kantor berita NTB bahwa tidak ada rencana untuk mengubah rencana perjalanan Haakon dan Putri Mahkota Mette-Marit ke Norwegia selatan.

Dua hari menjelang ulang tahunnya pekan lalu, NTB mengabarkan raja akan melakukan perjalanan pribadi ke luar negeri bersama istrinya, Ratu Sonja, tanpa menyebutkan tujuan atau tanggalnya.

Menurut kalender keluarga kerajaan, tugas resmi pertama Harald setelah liburan dijadwalkan pada 8 Maret, ketika dia dan Haakon dijadwalkan memimpin dewan negara pertemuan bulanan dengan pemerintah di istana kerajaan di Oslo. (The Guardian/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat