visitaaponce.com

Jelang Super Tuesday, Trump Unggul di 3 Negara Bagian AS

Jelang 'Super Tuesday', Trump Unggul di 3 Negara Bagian AS
Donald Trump dan para pendukungnya di Carolina utara(RYAN COLLERD / AFP)

Langkah Donald Trump untuk menjadi calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik kian mulus. Kemarin, sang mantan presiden itu memenangkan pemilihan internal partainya di tiga negara bagian Missouri, Michigan, dan Idaho.

Trump kini telah memenangkan setiap kontes pencalonan negara bagian menjelang ‘Super Tuesday’ pekan depan. ‘Super Tuesday’ adalah ajang ketika partai-partai politik di AS mengadakan pemilihan kandidat calon presiden di beberapa negara bagian di hari yang sama.  

Pada ‘Super Tuesday’ kali ini, para pemilih di 15 negara bagian AS akan menentukan kandidat pilihan mereka masing-masing. Trump diperkirakan akan mendapat banyak suara pada pemilihan yang digelar lusa itu.

Baca juga : Putin lebih Suka Biden karena Mudah Diprediksi Ketimbang Trump

Dia kemungkinan akan menantang Presiden Joe Biden pada pemilu November, yang akan mempertemukan keduanya untuk kedua kalinya sejak 2020.

Pemungutan suara di Missouri, Michigan, dan Idaho kemarin, Trump masih cukup popular. The New York Times melaporkan di Missouri, ia mengalahkan lawan utamanya, mantan gubernur Carolina Selatan Nikki Haley, dan memenangkan setiap kaukus daerah di negara bagian tersebut.

Di Michigan, sekitar 2.000 aktivis partai memberikan suara dalam konvensi kaukus, dan Trump memenangkan seluruh 39 delegasi, CNN melaporkan.

Baca juga : Separuh Warga Dunia akan Gelar Pemilu di 2024

Pemungutan suara yang terbatas ini terjadi di tengah kekacauan di dalam tubuh partai, termasuk tuduhan pengeluaran berlebihan dan salah urus.

Mantan presiden tersebut juga dengan mudah memenangkan kaukus Partai Republik di negara bagian barat Idaho, menurut NBC dan ABC.

Sementara itu, Haley telah berkeliling Amerika menjelang Super Tuesday, mencoba untuk ‘menjegal’ pencalonan Trump yang sepertinya semakin sulit dibendung. (AFP/M-3)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat