visitaaponce.com

Indeks Harga Konsumen Naik, Apakah Perekonomian Tiongkok telah Membaik

Data pada Sabtu (9/3) menunjukkan indeks harga konsumen Tiongkok naik pada Februari untuk pertama kalinya sejak Agustus. Tren ini melawan deflasi selama berbulan-bulan yang memperparah berbagai kesengsaraan ekonomi negara tersebut.

Dalam ilmu ekonomi, Indeks harga konsumen adalah Indeks yang menghitung rata-rata perubahan harga dari suatu kelompok barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga dalam kurun waktu tertentu.  Perubahan IHK dari waktu ke waktu menggambarkan tingkat kenaikan harga (inflasi) atau tingkat penurunan harga (deflasi) dari barang dan jasa.

Tiongkok, negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini, mencatat pertumbuhan terendah dalam beberapa dekade pada tahun lalu dan sedang berjuang melawan krisis sektor properti yang berkepanjangan dan melonjaknya pengangguran kaum muda.

Baca juga : Ini 5 Dampak Situasi Global yang Mesti Diwaspadai Pebisnis

Namun, hal yang jarang terjadi, berdasarkan statistik resmi Biro Statistik Nasional (NBS) Beijing pada Sabtu menunjukkan indeks harga konsumen naik 0,7 % bulan lalu, yang merupakan kenaikan pertama sejak Agustus (lihat grafis). Angka tersebut lebih tinggi dari kenaikan 0,3% yang diperkirakan oleh para analis yang disurvei oleh Bloomberg.

Data positif ini muncul ketika para pejabat senior bertemu di Beijing untuk menghadiri  pertemuan tahunan di parlemen Tiongkok dan badan konsultatif politik utamanya, untuk membahas isu ekonomi dan keamanan nasional.

Pada Selasa lalu, Perdana Menteri Li Qiang mengatakan pertumbuhan ekonomi Tiongkok ditargetkan akan mencapai 5% pada tahun 2024, sebuah target ambisius yang dia akui tidak akan mudah mengingat tantangan yang dihadapi perekonomian global saat ini.

Baca juga : BI Perkirakan Ekonomi Global Melambat di 2024

Salah satu masalah terbesar adalah deflasi, yang dialami Tiongkok pada  Juli lalu untuk pertama kalinya sejak tahun 2021.

Terlepas dari kenaikan singkat di bulan Agustus, harga-harga belum naik hingga bulan lalu. Indeks harga konsumen biasanya meningkat selama periode Tahun Baru Imlek, yang juga dikenal sebagai Festival Musim Semi, yang jatuh pada Februari tahun ini.

“Yang paling tinggi adalah harga makanan dan jasa,” kata ahli statistik NBS Dong Lijuan dalam sebuah pernyataan.

Baca juga : BI : Ekonomi Global 2023 Diperkirakan Tumbuh 2,6%

Permintaan masih lemah

Kondisi di Tiongkok sangat kontras dengan negara-negara lain di dunia, di mana inflasi masih menjadi momok yang terus-menerus, sehingga memaksa bank sentral menaikkan suku bunga.

Meskipun deflasi menunjukkan harga barang-barang lebih murah, hal ini menimbulkan ancaman bagi perekonomian yang lebih luas karena konsumen cenderung menunda pembelian, berharap akan ada penurunan lebih lanjut.

Baca juga : Meski banyak Hambatan, Perekonomian Tiongkok Diyakini segera Pulih

Kurangnya permintaan kemudian dapat memaksa produsen untuk memangkas produksi, membekukan perekrutan atau memberhentikan pekerja, dan berpotensi juga harus mendiskon stok yang ada – sehingga mengurangi profitabilitas meskipun biayanya tetap sama.

Mengingat faktor hari libur (Imlek), seorang analis memperingatkan agar tidak melihat angka-angka yang dirilis pada Sabtu ini sebagai indikasi bahwa Tiongkok tidak lagi bebas dari deflasi.

“Saya pikir masih terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa deflasi di Tiongkok telah berakhir,” kata Zhiwei Zhang, presiden dan kepala ekonom di Pinpoint Asset Management.

“Permintaan dalam negeri masih cukup lemah. Penjualan properti apartemen baru juga belum stabil,” jelasnya. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat