visitaaponce.com

Piala Oscar Diwarnai Desakan Gencatan Senjata di Gaza

Piala Oscar Diwarnai Desakan Gencatan Senjata di Gaza
Demonstran melakukan protes untuk mendukung warga Palestina di Teater Dolby pada Academy Awards (Piala Oscar) ke-96(AFP)

PARA sineas hingga nomine Academy Awards ke-96 atau Piala Oscar 2024 menyuarakan diakhirnya invasi Israel di Gaza pada malam penghargaan tersebut, di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), Minggu (10/3). Mulai dari Billie Eilish, Finneas, Mark Ruffalo, Ava DuVernay, Ramy Youssef hingga Quannah Chasinghorse melancarkan aksi itu dengan memakai pin khusus yang berwarna merah.

Meskipun tidak berjalan di karpet merah, aktor Mahershala Ali juga mengenakan pin tersebut saat memperkenalkan nomine untuk penghargaan Aktor Pendukung Terbaik tahun ini. Berbentuk bulat berdiameter sekitar dua sentimeter, pin itu memiliki kontur tangan berwarna orange dengan dibubuhi hati di tengahnya yang berwarna hitam.

Pin itu merupakan bagian dari kampanye yang dilakukan artis dunia yang mendorong gencatan senjata atau Artists4Ceasefire. Kelompok yang diikuti lebih dari 400 pekerja seni kelas dunia ini pada Oktober lalu mengeluarkan surat yang mendesak Kongres AS dan Presiden Joe Biden mendorong gencatan senjata segera di Gaza dan Israel.

Baca juga : Kanselir Jerman Serukan Gencatan Senjata di Jalur Gaza selama Ramadan

Ramy Youssef dikenal sebagai bintang film Poor Things juga sempat menyuarakan gencatan senjata di Gaza dan seruan perdamaian untuk orang-orang Palestina saat melintasi karpet merah ajang tersebut.

"Kami semua menyerukan gencatan senjata secepatnya dan permanen di Gaza. Kita menginginkan keadilan dan perdamaian bagi rakyat Palestina," ujar Youssef.

Selain pin merah, beberapa aktor yang membintangi Anatomy of A Fall tampak mengenakan pin lain yakni lambang bendera negara Palestina. Merdeka adalah Swann Arlaud dan aktor muda Milo Machado-Graner.

Dalam ajang Piala Oscar tahun ini, film Oppenheimer mendominasi nominasi dengan 13 kategori. Film karya Christopher Nolan ini mendapatkan sejumlah kategori bergengsi, seperti Best Picture, Best Director, Best Actor, Best Supporting Actor, Best Supporting Actress, hingga Best Adapted Screenplay.

Untuk nominasi Best Picture, Oppenheimer bersaing dengan sembilan film lainnya. Film itu bersanding dengan Anatomy of a Fall, Killers of the Flower Moon, Maestro, Poor Things, hingga Barbie, film Greta Gerwig yang tayang di tanggal yang sama. (CNN/Cah)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat