visitaaponce.com

Nicolas Maduro Dipilih sebagai Kandidat Pemilihan dari Partai Penguasa Venezuela

Nicolas Maduro Dipilih sebagai Kandidat Pemilihan dari Partai Penguasa Venezuela
Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, telah dipilih untuk mencari masa jabatan ketiga secara berurutan dalam pemilihan pada 28 Juli(AFP)

PRESIDEN Venezuela, Nicolas Maduro, telah dipilih untuk mencari masa jabatan ketiga secara berurutan dalam pemilihan pada 28 Juli, kata pejabat senior partai penguasa pada hari Senin.

Suara dari partai PSUV menyimpulkan Maduro akan menjadi kandidat presiden, kata Diosdado Cabello, yang dianggap sebagai nomor 2 dalam gerakan penguasa yang didirikan oleh almarhum Hugo Chavez dan telah berkuasa selama 25 tahun.

Maduro, 61, belum membuat pengumuman sendiri, tetapi telah diperkirakan akan mencari kembali dalam pemilihan dari mana pesaing utama oposisinya telah dilarang mencalonkan diri.

Baca juga : Venezuela Catat Penurunan Inflasi Bulanan Pertama dalam 17 Tahun

"Kami akan terus melakukan perjalanan di seluruh negeri kita dalam membangun kekuatan dan organisasi warga yang lebih banyak untuk mencapai kemenangan dalam pemilihan tahun ini," kata Maduro dalam program televisi mingguannya setelah pengumuman Cabello di X, yang tidak ia referensikan.

Pengumuman resmi PSUV dijadwalkan pada 15 Maret, tetapi tampaknya hanya merupakan formalitas belaka sekarang.

Pemilihan kembali Maduro untuk masa jabatan enam tahun pada 2018 - yang dianggap luas sebagai pemilu yang curang - tidak diakui oleh Amerika Serikat dan puluhan negara lainnya, dan dihadapi dengan sejumlah sanksi.

Baca juga : AS Ancam Hancurkan Minyak Venezuela

Banyak negara malah mengakui pesaingnya di pemilu, Juan Guaido, sebagai presiden interim.

Empat tahun kemudian, Maduro, 61 tahun, masih kuat memimpin negara kaya minyak ini setelah pemerintahan bayangan pesaingnya runtuh dan perang di Ukraina menghentikan pasokan energi dan mengubah prioritas global.

Dia menikmati dukungan dari sistem perlindungan politik, militer, serta Kuba, Rusia, dan Tiongkok.

Baca juga : Mahkamah Venezuela Membatalkan Kelayakan Calon Presiden dari Oposisi

Terluka parah

Minggu lalu, otoritas pemilihan CNE Venezuela mengumumkan pemilihan akan diadakan pada 28 Juli di negara Amerika Selatan ini yang dalam keadaan ekonomi yang sulit.

Itu terjadi setelah pemerintahan Maduro dan oposisi setuju di Barbados tahun lalu untuk menyelenggarakan pemilihan bebas dan adil pada 2024 dengan kehadiran pengamat internasional.

Para kandidat oposisi diizinkan berdasarkan kesepakatan itu untuk mengajukan banding atas putusan pengadilan yang melarang mereka menjabat.

Baca juga : 32 Orang Ditangkap Terkait Rencana Pembunuhan Presiden Venezuela Nicolas Maduro

Kesepakatan tersebut membuat Amerika Serikat mengurangi sanksi terhadap Venezuela, memungkinkan Chevron berbasis AS untuk melanjutkan ekstraksi minyak mentah terbatas dan menyebabkan pertukaran tahanan.

Namun, sejak itu, Mahkamah Agung yang setia kepada Maduro menegaskan larangan 15 tahun terhadap pemenang utama dari pilihan oposisi, Maria Corina Machado, dan lainnya, mendorong Washington untuk mempertimbangkan kembali sanksi.

Pada Januari, pemimpin kontroversial ini mengatakan kesepakatan Barbados "terluka parah" setelah pihak berwenang pemerintah mengklaim telah berhasil menggagalkan sejumlah plot yang didukung oleh AS untuk membunuhnya.

Baca juga : Venezuela Gelar Latihan Militer di Perbatasan dengan Guyana Merespon Kehadiran Kapal Perang Inggris

Maduro telah meningkatkan penampilannya di hadapan publik dalam beberapa minggu terakhir, menjelang periode kampanye pemilihan yang akan resmi dibuka pada 4 Juli.

Dewan Pemilihan Nasional negara itu mengatakan pekan lalu telah mengirim undangan kepada pengamat pemilihan dari Uni Eropa dan Perserikatan Bangsa-Bangsa, organisasi nirlaba Carter Center berbasis AS, BRICS, dan Uni Afrika, antara lain.

Pemilihan ini akan dilaksanakan pada ulang tahun pendahulu Maduro, Hugo Chavez, yang masih dihormati oleh banyak warga Venezuela sebagai pahlawan revolusioner.

Calon presiden dapat secara resmi mendaftar pencalonan mereka dengan CNE antara 21 hingga 25 Maret. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat