visitaaponce.com

Hamas Bongkar Penyebab Kegagalan Gencatan Senjata di Gaza

Hamas Bongkar Penyebab Kegagalan Gencatan Senjata di Gaza
Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh.(Dok. AFP/Kementerian Luar Negeri Iran)

PIMPINAN Hamas Ismail Haniyeh menyalahkan Israel karena menunda perundingan gencatan senjata dan menolak mengakhiri perang di jalur Gaza. Hamas masih mencari solusi yang dapat dinegosiasikan.

Haniyeh mengatakan, Israel belum memberikan komitmen untuk mengakhiri serangan militernya, menarik pasukannya, dan mengizinkan pengungsi Palestina untuk kembali ke rumah mereka di Jalur Gaza.

“Kami tidak menginginkan perjanjian yang tidak mengakhiri perang di Gaza,” kata Haniyeh dalam pidatonya di televisi, Selasa, (12/3).

Baca juga : Hamas: Jalan masih Panjang Capai Kesepakatan Gencatan Senjata

Menurut dia Israel masih menolak memberikan jaminan dan komitmen yang jelas mengenai isu gencatan senjata dan menghentikan perang agresif terhadap rakyat Palestina di Gaza. Haniyeh mengatakan, kelompoknya bertekad untuk membela rakyatnya dan, pada saat yang sama, mencari solusi yang dapat dinegosiasikan.

“Hari ini, jika kami mendapat posisi yang jelas dari para mediator, kami siap untuk melanjutkan penyelesaian perjanjian dan menunjukkan fleksibilitas dalam masalah pertukaran tahanan,” kata Haniyeh.

Haniyeh mengatakan kelompoknya terbuka untuk membentuk pemerintahan persatuan dengan gerakan Fatah yang merupakan saingan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan faksi lainnya.

Baca juga : Presiden AS Joe Biden Berharap Gencatan Senjata di Gaza Pekan Depan

Dia mengatakan langkah-langkah menuju tujuan tersebut dapat mencakup pemilihan Dewan Nasional Palestina dan pembentukan pemerintahan konsensus nasional. Sementara dengan tugas khusus hingga pemilihan legislatif dan presiden diadakan.

Upaya untuk mendamaikan kedua kelompok dan mengakhiri perpecahan yang memburuk setelah pengambilalihan Gaza oleh Hamas pada 2007 telah gagal. Kewenangan Abbas untuk memerintah telah berkurang di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Di Israel, kabinet perang yang dipimpin oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Menteri Pertahanan Yoav Gallant, dan Menteri Benny Gantz bertemu untuk membicarakan perundingan gencatan senjata yang hampir mati. Agenda lainnya antara lain adalah persiapan Ramadhan dan bantuan kemanusiaan di Gaza.

Baca juga : Koalisi Negara Arab Desak DK PBB Ambil Tindakan untuk Selamatkan Gaza

Haniyeh mengatakan, Hamas mendukung perundingan tetap berjalan. “Saya katakan dengan jelas bahwa pihak yang memikul tanggung jawab karena tidak mencapai kesepakatan adalah (Israel),” kata Haniyeh..

Haniyeh berterima kasih kepada front perlawanan Hizbullah di Lebanon dan Houthi di Yaman, serta kekuatan lain yang didukung Iran karena mendukung perjuangan kelompok teror melawan Israel. Hamas dengan jelas mengupayakan kehancuran Israel.

Perundingan di Mesir Tak Membuahkan Hasil

Mediator AS, Mesir dan Qatar telah berjuang untuk mencapai gencatan senjata selama enam minggu dalam perang yang telah berlangsung selama lima bulan di Gaza berdasarkan kerangka kerja yang dicapai di Paris bulan lalu.

Baca juga : AS Ingin Gencatan Senjata Sementara di Gaza, Hamas Ogah

Kerangka kerja Paris, yang sejauh ini ditolak oleh Hamas, akan membebaskan 40 sandera anak-anak, wanita, lansia dan sakit pada tahap pertama yang memakan waktu sekitar enam minggu. Sebagai imbalannya pembebasan sekitar 400 tahanan keamanan Palestina, dengan kemungkinan pembebasan lebih lanjut akan dinegosiasikan.

Israel tidak mengirim delegasi ke putaran terakhir perundingan gencatan senjata di Kairo, setelah Hamas menolak memberikan daftar sandera yang masih hidup, dan delegasi Hamas meninggalkan ibu kota Mesir pada Kamis setelah menyatakan rasa frustrasinya terhadap posisi Israel, menuju ke Qatar untuk berkonsultasi dengan kepemimpinan kelompok tersebut.

Sumber senior Israel yang tidak disebutkan namanya yang dekat dengan perundingan tersebut dikutip oleh Channel 12 mengatakan bahwa pemimpin Hamas di Gaza, Yahya Sinwar, yakin bahwa semakin banyak masyarakat Gaza menderita, semakin besar tekanan terhadap Israel dan semakin baik kondisinya.

Baca juga : Raja Yordania Desak Gencatan Senjata Gaza yang Berlangsung dalam Pembicaraan dengan Biden

Bulan lalu, The Wall Street Journal melaporkan bahwa Haniyeh dan Sinwar berselisih mengenai persyaratan yang harus diterima Hamas untuk mencapai kesepakatan dengan Israel.

Menurut laporan tersebut, dinamika yang ada di dalam tubuh Hamas telah berubah dengan Sinwar mendukung gencatan senjata sementara sementara para pemimpinnya di luar Jalur Gaza mendorong gencatan senjata permanen, dan rencana untuk membangun kembali Gaza.

Para pejabat yang mendapat penjelasan mengenai perundingan tersebut mengatakan kepada The New York Times bahwa Hamas telah ‘mundur’ dari usulan perjanjian di Paris dan, selain gencatan senjata permanen, juga menuntut penarikan pasukan Israel dari Jalur Gaza, dan pemulangan pengungsi.

Baca juga : Hamas: Israel Ingin Perpanjang Agresi di Gaza, Meski Tentara Mereka Kalah

Israel telah menyetujui prinsip-prinsip Paris, termasuk gencatan senjata sementara selama enam minggu, penempatan kembali pasukan Israel di Gaza namun bukan penarikan sepenuhnya dan bagi Israel untuk memungkinkan kembalinya perempuan dan anak-anak Palestina ke Gaza utara, tempat ratusan ribu orang dievakuasi selama pertempuran, dan Israel terus memisahkan diri dari wilayah kantong lainnya.

Sementara itu, Qatar dilaporkan mengancam akan mengusir para pemimpin Hamas dari negaranya jika mereka tidak menyetujui kesepakatan gencatan senjata, ungkap laporan The Wall Street Journal. Qatar, mediator utama antara Israel dan kelompok teror, menjadi tuan rumah bagi kepala biro politik Hamas, Haniyeh.

Husam Badran, pejabat senior kelompok pejuang yang berbasis di Doha, membantah klaim tersebut. "Kami tidak menyatakan negosiasi telah dihentikan. Kami adalah pihak yang paling ingin menghentikan perang ini,” kata Badran.

Baca juga : Di Rafah, Pengungsi Gaza Hidup Seperti di Film Horor

Hamas dan Israel telah berperang dalam perang yang dipicu oleh serangan gencar kelompok teror Palestina yang belum pernah terjadi sebelumnya pada 7 Oktober, yang menyebabkan teroris membunuh sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil dibantai di tengah kebrutalan dan kekerasan seksual yang mengerikan, dan menyandera 253 orang.

Serangan Israel terhadap Hamas di Gaza telah menewaskan lebih dari 31.000 orang, menurut kementerian kesehatan Gaza yang dikelola Hamas. Angka-angka ini tidak dapat diverifikasi secara independen dan tidak dapat membedakan antara warga sipil dan anggota Hamas. Israel mengatakan mereka telah membunuh lebih dari 13.000 agen sejak awal perang di Gaza dan 1.000 orang di Israel pada 7 Oktober.

Lebih dari 100 sandera dibebaskan pada bulan November sebagai bagian dari kesepakatan gencatan senjata sementara. Sekitar 130 orang diyakini masih ditahan oleh kelompok teror Palestina, dan tidak semuanya masih hidup.

(The Arab Weekly/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat