visitaaponce.com

Raja Yordania Desak Gencatan Senjata Gaza yang Berlangsung dalam Pembicaraan dengan Biden

Raja Yordania Desak Gencatan Senjata Gaza yang Berlangsung dalam Pembicaraan dengan Biden
Dalam pertemuan dengan Joe Biden, Raja Abdullah II Yordania memohon untuk gencatan senjata penuh guna mengakhiri konflik di Gaza. (AFP)

RAJA Yordania Abdullah II memohon agar gencatan senjata penuh dilakukan untuk mengakhiri perang di Gaza setelah berbicara dengan Joe Biden, menunjukkan perbedaan pandangan dengan presiden AS yang mencari jeda singkat enam minggu untuk memberi waktu kepada Israel untuk mengalahkan Hamas.

Berbicara di Gedung Putih dengan Abdullah di sampingnya, Biden mengatakan warga sipil di kota selatan Rafah harus dilindungi saat Israel mempertimbangkan invasi darat, sementara Raja Yordania memperingatkan agar tidak ada serangan sama sekali.

Biden, 81, mengatakan Amerika Serikat sedang berusaha bernegosiasi jeda pertempuran setidaknya enam minggu di Jalur Gaza, sebagai bagian dari kesepakatan lebih luas yang juga akan melibatkan pembebasan sandera.

Baca juga : Hamas Ingatkan Serbuan Israel di Rafah Berakibat Puluhan Ribu Tewas

"Kita membutuhkan gencatan senjata yang berlangsung sekarang. Perang ini harus berakhir," kata monarki Yordania, yang telah berulang kali mendorong untuk gencatan senjata penuh untuk mengakhiri konflik yang dimulai ketika Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober.

Dalam pertemuan tatap muka pertamanya dengan Biden sejak serangan itu, Abdullah mengatakan dunia "tidak bisa menerima serangan Israel" di Rafah.

"Ini pasti akan menghasilkan bencana kemanusiaan lainnya. Kita tidak bisa berdiam diri dan membiarkan ini terus berlanjut."

Baca juga : Beredar Proposal Terbaru Gencatan Senjata Israel dan Hamas, Ini Bocorannya

Amerika Serikat secara konsisten menolak untuk menyerukan gencatan senjata penuh, mengatakan bahwa mereka mendukung upaya Israel untuk mengalahkan Hamas, dan menyerukan jeda singkat dengan kesepakatan sandera sebagai gantinya.

Namun, Biden juga mulai mengambil sikap lebih keras terhadap sekutu utama AS, Israel, dengan mengatakan pekan lalu bahwa respons Israel di Jalur Gaza telah "berlebihan."

Dikelilingi bendera AS dan Yordania, Biden dan raja sebelumnya bersalaman saat bertemu di langkah depan Gedung Putih untuk pembicaraan tatap muka pertama mereka sejak serangan pada 7 Oktober.

Baca juga : Blinken Terus Yakinkan Pemimpin Arab

Mereka didampingi Ibu Negara Jill Biden, Ratu Rania, dan Putra Mahkota Yordania Hussein.

Perlu Dilindungi

Biden bercanda selama upacara kedatangan, "semua orang melakukannya" ketika ditanya apakah Benjamin Netanyahu mengikuti nasihatnya untuk menghindari serangan di Rafah.

Tetapi dia mengatakan telah menegaskan warga sipil di Rafah, di mana lebih dari satu juta warga Palestina terjebak, "perlu dilindungi."

Baca juga : Blinken Kembali ke Israel, Saat Gencatan Senjata Diperpanjang

Dia mengatakan Washington sedang bekerja pada kesepakatan sandera antara Israel dan Hamas yang akan membawa periode ketenangan yang langsung dan berkelanjutan ke Gaza setidaknya selama enam minggu.

Kedua pemimpin juga membahas upaya untuk memastikan konflik tidak menyebar ke wilayah yang rentan.

Tiga tentara AS tewas dalam serangan drone terhadap pangkalan di Yordania pada Januari, memicu serangan udara Amerika terhadap kelompok militan yang didukung Iran di Irak dan Suriah.

Baca juga : Jokowi akan Hadir dalam KTT Luar Biasa OKI Bahas Kondisi di Gaza

Washington menjadi tujuan pertama tur raja Yordania yang juga akan melibatkan Kanada, Prancis, dan Jerman, di tengah upaya internasional yang meningkat untuk mencapai kesepakatan untuk memberhentikan pertempuran di Gaza dan membebaskan sandera yang ditahan oleh Hamas.

Perang Gaza terberdarah sepanjang masa pecah setelah Hamas melancarkan serangan tak terduga ke selatan Israel yang mengakibatkan kematian sekitar 1.160 orang, sebagian besar warga sipil, menurut perhitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Israel telah merespons dengan bombardemen dan serangan darat yang tanpa henti di Gaza yang menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas telah menewaskan setidaknya 28.340 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak.

Baca juga : AS cuma Minta Jeda di Gaza, Bukan Gencatan Senjata

Biden seharusnya melakukan perjalanan ke Yordania untuk pembicaraan dengan Abdullah ketika dia mengunjungi Israel kurang dari dua minggu setelah serangan awal, tetapi pertemuan itu dibatalkan setelah ledakan di rumah sakit Gaza menimbulkan kemarahan di seluruh dunia Arab.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bertemu dengan Abdullah di Amman pada Januari. Raja Yordania mendesak diplomat teratas itu untuk mendorong gencatan senjata di Gaza dan mengakhiri krisis kemanusiaan di sana. (AFP/Z-3)

Baca juga : Prancis Mengutuk Serangan ke Rumah Sakit Gaza, Biden Batalkan Kunjungan ke Yordania

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat