visitaaponce.com

AS cuma Minta Jeda di Gaza, Bukan Gencatan Senjata

AS cuma Minta Jeda di Gaza, Bukan Gencatan Senjata
Joe Biden, Presiden AS(AFP)

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan jeda kemanusiaan untuk mengeluarkan sandera Hamas dari Gaza, Palestina. Jawaban tersebut ia sampaikan saat seorang rabi atau pendeta Yahudi menuntut AS mendorong Israel melakukan gencatan sejata.

Hal itu ia sampaikan sebagai jawaban terhadap satu dari 200 pendukungnya yang menghadiri rapat akbar di Minnesota pada Rabu (1/11) malam. “Sebagai seorang rabi, saya ingin Anda menyerukan gencatan senjata sekarang juga,” kata seorang rabi yang menghadiri acara itu.

Biden menjawabnya dengan mengatakan, "Saya pikir kita perlu jeda. Jeda berarti memberikan waktu untuk mengeluarkan para tahanan (sandera)," jawabnya.

Baca juga : Potensi Kekerasan Terhadap Kelompok Yahudi di AS Menguat ke Level Tertinggi

Gedung Putih kemudian mengklarifikasi bahwa yang dimaksud dengan tahanan yang dimaksud Biden adalah sandera yang ditahan oleh Hamas. Biden berbicara lebih jauh dengan wanita tersebut, merujuk pada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang dijuluki Bibi.

"Saya adalah orang yang meyakinkan Bibi untuk menyerukan gencatan senjata agar para tahanan bisa keluar. Saya adalah orang yang berbicara dengan (Presiden Mesir Abdel Fattah El-) Sisi untuk meyakinkan dia agar membuka pintu di sepanjang perbatasan Gaza dengan Mesir untuk mengizinkan sandera yang dibebaskan pergi," paparnya.

Baca juga : Dukung Palestina Berbuah PHK, Intimidasi Hingga Ancaman Hukum

Biden mengindikasikan bahwa dia sedang membahas pembebasan dua sandera AS yang sebelumnya ditahan oleh Hamas. Gedung Putih sebelumnya menyerukan jeda kemanusiaan untuk memungkinkan bantuan dikirim ke Gaza atau untuk melakukan evakuasi.

Namun sejauh ini Biden menolak untuk membahas gencatan senjata karena hal itu hanya akan menguntungkan Hamas. Perang antara Israel dan Hamas memasuki hari ke-26 pada Rabu (1/11) yang telah membunuh hampir 9.000 orang Gaza dan 1.500 Israel. (AFP/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat