visitaaponce.com

Ramadan, 35 Ribu Warga Palestina Melaksanakan Tarawih di Masjid Al-Aqsa

Ramadan, 35 Ribu Warga Palestina Melaksanakan Tarawih di Masjid Al-Aqsa
Pelaksanaan tarawih di Masjid Al-Aqsa(AFP)

RIBUAN jamaah Palestina melaksanakan sholat tarawih pada hari Senin di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki selama bulan suci Ramadan. Meskipun Israel membatasi akses ke situs tersuci ketiga umat Islam.

Sholat tarawih adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada bulan puasa setelah Isya, sholat magrib yang terakhir. Menurut pernyataan Departemen Wakaf Islam di Yerusalem yang dikutip oleh kantor berita resmi Palestina WAFA, hampir 35 ribu warga Palestina melaksanakan salat di Masjid Al-Aqsa.

Namun, badan tersebut mengutip saksi mata yang mengatakan bahwa pasukan Israel mencegah banyak pemuda memasuki masjid dan memukuli setidaknya satu warga Palestina di dekat Bab Al-Zahra, salah satu gerbang menuju Masjid Al-Aqsa, sebelum menahannya.

Baca juga : PBNU Ingatkan Dampak Berbahaya jika Konflik Gaza Berkepanjangan

Ketika ditanya tentang pasukan Israel yang memblokir ratusan warga Palestina pada hari Minggu yang ingin melakukan salat Tarawih pertama memasuki Masjid Al-Aqsa, juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan

"Kami selalu sangat prihatin dengan segala provokasi di tempat-tempat suci di Yerusalem."

Masjid Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga di dunia bagi umat Islam. Orang-orang Yahudi menyebut kawasan itu sebagai Bukit Bait Suci, mengklaim bahwa tempat itu adalah situs dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Baca juga : Israel Batasi Akses ke Masjid Al-Aqsa Selama Ramadhan, Hamas Serukan Perlawanan

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama Perang Arab-Israel 1967. Mereka mencaplok seluruh kota pada 1980 dalam sebuah tindakan yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.

Ketegangan meningkat di Tepi Barat yang diduduki sejak Israel melancarkan serangan militer mematikan terhadap Jalur Gaza setelah serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada Oktober lalu.

Setidaknya 420 warga Palestina telah terbunuh dan lebih dari 4.600 lainnya terluka akibat tembakan senjata Israel, menurut Kementerian Kesehatan. Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional.

Dalam keputusan sementaranya pada Januari, lembaga itu memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza, di mana lebih dari 31 ribu orang telah terbunuh. (Anadolu/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat