visitaaponce.com

Yordania dan AS Bahas Percepatan Gencatan Senjata di Gaza

Yordania dan AS Bahas Percepatan Gencatan Senjata di Gaza
Warga Palestina menggeledah reruntuhan rumah keluarga Tabatibi setelah pengeboman Israel semalaman di sebelah barat kamp pengungsi Nuseirat.(AFP)

YORDANIA dan Amerika Serikat (AS) membahas upaya untuk mencapai gencatan senjata yang komprehensif dan mendesak di Jalur Gaza, Palestina. Hal ini disampaikan dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi dan Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Timur Dekat Barbara Leaf di Amman.

Kementerian Luar Negeri Yordania menyatakan bahwa pertemuan antara kedua pihak berfokus pada percepatan gencatan senjata yang komprehensif di Gaza. "Perlu menghentikan perang dan bencana kemanusiaan yang diakibatkannya dan memastikan perlindungan warga sipil serta pengiriman bantuan kemanusiaan yang cukup dan berkelanjutan ke seluruh wilayah Jalur Gaza secara luas, aman, dan tanpa hambatan," kata Safadi di X.

Israel telah melancarkan agresi militer mematikan di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas pada 7 Oktober yang dipimpin oleh Hamas yang menewaskan 1.163 orang. Lebih dari 31.500 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, tewas di Gaza, dan 73.546 lain terluka akibat kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.

Perang Palestina-Israel teranyar itu telah menyebabkan 85% penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah blokade yang melumpuhkan sebagian besar makanan, air bersih, dan obat-obatan. Sementara 60% infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pada Januari memerintahkan Tel Aviv untuk memastikan pasukannya tidak melakukan tindakan genosida dan menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza. (Anadolu/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat