visitaaponce.com

Kanada Boikot Ekspor Senjata ke Israel dan Dukung Negara Palestina

Kanada Boikot Ekspor Senjata ke Israel dan Dukung Negara Palestina
Presiden Palestina Mahmud Abbas (kanan) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly di Ramallah pada 12 Maret.(AFP)

PARLEMEN Kanada memutuskan larangan pengiriman semua jenis persenjataan ke Israel. Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly mengumumkan keputusan politik tersebut, pada Selasa (19/3).

Langkah ini dilakukan setelah anggota parlemen memberikan suara 204 berbanding 117 atas mosi tidak mengikat untuk menghentikan penjualan senjata ke Israel pada Senin (18/3). 

“Ini adalah hal yang nyata,” kata Joly kepada surat kabar Kanada, The Toronto Star.

Baca juga : Buruh Belgia Boikot Kirim Senjata ke Israel

Usulan awalnya, kata dia, penangguhan penjualan senjata. Tetapi mayoritas anggota parlemen sepakat mengubahnya larangan. Dalam mosi tersebut juga disebutkan klausul yang menyerukan dukungan terhadap pendirian Negara Palestina.

Kanada sebelumnya telah memberlakukan penangguhan sementara izin ekspor barang dan teknologi militer. Namun terdapat kebingungan sebelumnya karena kantor Urusan Global Kanada selalu menerima permohonan ekspor senjata ke Israel.

Media tersebut juga melaporkan permohonan tersebut ditinjau berdasarkan kasus per kasus. Namun Joly bersikeras bahwa setelah pemungutan suara atas mosi itu di parlemen pemerintah Kanada berkomitmen untuk mengikutinya.

Menteri Pertahanan Kanada Bill Blair mengatakan Joly akan memutuskan bagaimana larangan tersebut ditegakkan. 

“Ada sejumlah kontrak yang sudah ada, tapi ini adalah landasan ke depan, saya pikir begitulah pandangan menteri. Ada banyak kekhawatiran yang diungkapkan sehubungan dengan penjualan peralatan militer yang mematikan ke Israel selama konflik," pungkasnya. (Anadolu/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat