visitaaponce.com

Bandara Dubai dan Jalan Masih Terendam setelah Hujan Deras

Bandara Dubai dan Jalan Masih Terendam setelah Hujan Deras
Bandara Dubai dan jalan di sekitarnya masih mengalami gangguan setelah hujan deras yang belum pernah terjadi sebelumnya di Uni Emirat Arab. (AFP)

BANDARA Dubai, salah satu bandara tersibuk di dunia, mengalami gangguan besar untuk hari ketiga berturut-turut setelah hujan deras terberat dalam sejarah merendam gurun Uni Emirat Arab.

Emirates, maskapai bendera milik negara Dubai, dan maskapai saudaranya, flydubai, melanjutkan pemeriksaan setelah memberi tahu penumpang untuk menjauh pada hari Rabu, ketika ribuan penumpang yang tertunda memadati bandara.

Bandara, yang menangani lebih banyak penumpang internasional daripada yang lain, berharap dapat kembali "menyentuh normalitas" dalam waktu 24 jam, kata CEO Dubai Airports Paul Griffiths kepada AFP.

Baca juga : Banjir di Dubai Memaksa Pengalihan Penerbangan Akibat Cuaca Ekstrem

Sebanyak 1.244 penerbangan dibatalkan dan 41 dialihkan, setelah hujan deras membanjiri pusat keuangan Timur Tengah ini termasuk rumah, pusat perbelanjaan, dan kantor, serta jalan raya.

Kemacetan lalu lintas tetap parah pada Kamis, dua hari setelah badai, dengan setidaknya satu jalan utama sepenuhnya terblokir oleh air dan beberapa simpang terputus karena banjir.

Para ahli iklim mengatakan hujan tersebut, yang terberat di UE sejak catatan dimulai 75 tahun lalu, konsisten dengan perubahan yang disebabkan oleh pemanasan global.

Baca juga : Banjir Dubai, Bandara dan Jalan-Jalan Terendam Setelah Hujan Deras Terbesar dalam 75 Tahun

"Ini bukanlah berita baru," kata Karim Elgendy, Associate Director di konsultan teknik Buro Happold dan associate fellow di Chatham House Britania Raya, kepada AFP.

"Kita mengharapkan peningkatan variabilitas curah hujan, yang berarti lebih banyak peristiwa ekstrem, kekeringan lebih banyak, dan peningkatan intensitas curah hujan ketika hujan."

Bandara Dubai telah menyaksikan adegan kacau dengan kerumunan penumpang terdampar mencari informasi tentang penerbangan mereka.

Baca juga : WNI Aman dari Banjir di Dubai

Meskipun Emirates dan flydubai melanjutkan pemeriksaan, lebih dari 200 keberangkatan terdaftar sebagai tertunda atau dibatalkan di situs web bandara.

Griffiths mengatakan "menantang" untuk membuat bandara berfungsi penuh, dengan pasokan dan staf juga tertahan di jalan yang tergenang.

"Memasok persediaan, orang, dan semua hal yang diperlukan ke bandara untuk membantu jadwal pulih, merupakan tantangan besar karena semua jalan terblokir," katanya dalam wawancara.

"Kami hanya berharap bahwa tingkat perawatan pelanggan yang telah kami berikan akan sedikit membantu mengurangi dampak yang kami timbulkan kepada pelanggan. Tetapi tentu saja kami sangat terganggu oleh semua gangguan dan kekhawatiran yang kami timbulkan," tambahnya. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat