visitaaponce.com

Suhu Panas Ekstrem Landa Thailand, 30 Orang Tewas

Suhu Panas Ekstrem Landa Thailand, 30 Orang Tewas
Warga di Thailand beraktivitas di tengah kondosi cuaca panas ekstrem.(AFP)

THAILAND mengeluarkan peringatan baru tentang cuaca panas yang membara, Kamis, (25/4). Pemerintah mengatakan sengatan panas (heatstroke) telah menewaskan sedikitnya 30 orang tahun ini.

Melansir CNA, pemerintah kota di Bangkok menyampaikan peringatan panas ekstrem ketika indeks panas diperkirakan akan meningkat di atas 52 derajat Celcius. Suhu di ibu kota Thailand mencapai 40,1 derajat Celcius pada Rabu (24/4) dan tingkat serupa diperkirakan terjadi pada Kamis (25/4).

Gelombang cuaca yang sangat panas telah melanda sebagian Asia Selatan dan Tenggara minggu ini, mendorong sekolah-sekolah di seluruh Filipina untuk meliburkan kelas dan warga di Bangladesh melaksanakan salat permohonan hujan (istisqa).

Baca juga : Gelombang El Nino Masih Menghantui, Titik Panas Meningkat 50 Persen Dibanding Tahun Lalu

Indeks panas--yang mengukur suhu dengan mempertimbangkan kelembapan, kecepatan angin, dan faktor lainnya--berada pada tingkat yang ‘sangat berbahaya’ di Bangkok, menurut peringatan yang disampaikan departemen lingkungan hidup kota tersebut.

Pihak berwenang di Provinsi Udon Thani, di pedesaan timur laut Thailand, juga memperingatkan akan adanya kondisi suhu yang sangat panas pada Kamis (25/4).

Kementerian Kesehatan mengatakan pada Rabu malam bahwa 30 orang telah meninggal akibat sengatan panas antara 1 Januari dan 17 April. Sebagai gambaran, sepanjang 2023 lalu sebanyak 37 orang dilaporkan tewas.

Baca juga : Menkes: Peningkatan Kasus DBD Ikuti Pola El Nino

Wakil Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Penyakit Thailand, Direk Khampaen, mengatakan kepada AFP bahwa para pejabat mendesak orang lanjut usia dan mereka yang memiliki kondisi medis termasuk obesitas untuk tetap tinggal di dalam rumah dan minum air secara teratur.

Bulan April biasanya merupakan waktu terpanas sepanjang tahun di Thailand dan negara-negara lain di Asia Tenggara, namun kondisi tahun ini diperburuk oleh pola cuaca El Nino.

Tahun lalu terjadi rekor tingkat tekanan panas di seluruh dunia, dan badan cuaca dan iklim PBB mengatakan Asia mengalami pemanasan dengan sangat cepat.

Baca juga : Makin Panas, Suhu Majalengka Capai 38,7 Derajat Celsius

Thailand dilanda gelombang panas pada minggu ini, dengan suhu 44,2 derajat Celcius tercatat di provinsi utara Lampang pada Senin--hanya terpaut sedikit dari rekor nasional sepanjang masa yaitu 44,6 derajat Celcius yang terjadi tahun lalu.

Di seberang perbatasan di Myanmar, suhu mencapai 45,9 derajat Celcius pada Rabu (24/4), dan diperkirakan akan mencapai suhu yang sama pada Kamis.

Kekacauan dan konflik yang diakibatkan oleh kudeta militer pada tahun 2021 telah menyebabkan pemadaman listrik bergilir di sebagian besar negeri. Upaya masyarakat untuk bisa menikmati kondisi sejuk dengan kipas angin atau pengondisi udara (AC) pun menjadi terhambat. (B-3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Haufan Salengke

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat