visitaaponce.com

Segera Keluarkan Surat Perintah Tangkap untuk Benjamin Netanyahu, ICC Diserang Senator AS

Segera Keluarkan Surat Perintah Tangkap untuk Benjamin Netanyahu, ICC Diserang Senator AS
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu(AFP/AMIR COHEN)

SEJUMLAH senator Amerika Serikat mengancam akan menjatuhkan sanksi keras terhadap Pengadilan Pidana Internasional (ICJ) dan jaksanya, Karim Ahmad Khan, apabila menerbitkan perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Mahkamah tersebut, saat ini, tengah menyelidiki dugaan kejahatan perang dan pelanggaran HAM yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza.

"Kami hendak menanggapi laporan yang menyatakan bahwa Pengadilan Pidana Internasional (ICC) kemungkinan akan mengeluarkan surat perintah penangkapan internasional terhadap perdana menteri Benjamin Netanyahu dan pejabat Israel lainnya," ungkap surat dari sejumlah senator AS kepada ICC.

Baca juga : Selain Netanyahu, Joe Biden Juga Perlu Ditekan untuk Hentikan Serangan ke Palestina

"Tindakan tersebut tidak sah dan tidak memiliki dasar hukum, dan apabila dilaksanakan, akan menimbulkan sanksi yang berat terhadap Anda dan institusi Anda," tegas surat itu, sebagaimana diumumkan Senator Katie Boyd Britt.

Selain Britt, surat yang dipublikasikan media Politico, Senin (6/5) itu, turut ditandatangani Senator Tom Cotton, Mitch McConnell,
Marsha Blackburn, Ted Budd, Kevin Cramer, Ted Cruz, Bill Hagerty, Pete Ricketts, Marco Rubio, Rick Scott, dan Tim Scott.

Para senator yang semuanya berasal dari Partai Republik tersebut menganggap agresi Israel di Jalur Gaza merupakan tindakan membela diri yang dapat dibenarkan.

Baca juga : Upaya ICC Tangkap Benjamin Netanyahu Tak Bakal Mulus, Ini Sebabnya

Oleh karena itu, mereka mengecam ICC yang diduga akan mengeluarkan perintah penangkapan terhadap Netanyahu.

"Menerbitkan perintah penangkapan terhadap pimpinan Israel, selain tidak dapat dibenarkan, juga akan menunjukkan kemunafikan dan standar ganda organisasi Anda," kata para senator AS itu.

Pekan lalu, media AS melaporkan ICC kemungkinan akan segera mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap pejabat Israel yang terdiri dari Benjamin Netanyahu, menteri pertahanan Yoav Gallant, dan petinggi Angkatan Bersenjata Israel. (Ant/Z-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat