visitaaponce.com

Kondisi Presiden Iran Ebrahim Raisi Belum Diketahui

Kondisi Presiden Iran Ebrahim Raisi Belum Diketahui
Bulan Sabit Merah belum mengumumkan kondisi Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian.(Tasmin)

BULAN Sabit Merah mengatakan tim penyelamat berhasil menemukan helikopter yang ditumpangi Presiden Iran Ebrahim Raisi, Senin (20/5), namun tidak memberi informasi tentang kondisinya.

Helikopter itu membawa Raisi itu juga Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian terlibat dalam kecelakaan, Minggu (19/5). Dilansir dari Al Jazeera, penyebabnya kecelakaan ini belum diketahui.

Iran memiliki catatan keselamatan transportasi udara yang buruk. Hal ini disebabkan sanksi Amerika selama beberapa dekade, telah melemahkan armada udara negara tersebut.

Baca juga : Tim Penyelamat Dekati Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi

Raisi berada di dalam helikopter jenis Bell 212 itu, kata kantor berita Iran. Model tersebut dibuat di Amerika Serikat (AS) dan tidak dapat dijual ke Iran sejak revolusi 1979. Menteri pertahanan dan transportasi sebelumnya, serta komandan angkatan bersenjata darat dan udara Iran, tewas dalam kecelakaan pesawat dan helikopter.

Ketika para reformis memimpin pemerintahan Iran, mereka bertujuan untuk memodernisasi armada pesawat negara tersebut dengan menegosiasikan kesepakatan dengan Barat. Itu supaya mencabut sanksi sebagai imbalan atas pembatasan aktivitas nuklir Iran yang sensitif dan mengizinkan masuknya pengawas internasional.

Namun, upaya ini terhenti ketika Presiden Donald Trump menarik diri dari perjanjian tersebut dan menerapkan kembali sanksi. Para reformis kemudian ditentang dan diejek oleh kelompok garis keras, yang bersikeras bahwa Iran dapat mengandalkan industri dalam negeri dan sekutu asingnya untuk meningkatkan keselamatan penerbangan.

Helikopter tersebut, satu dari tiga helikopter yang melakukan perjalanan dalam konvoi, mengalamai pendaratan keras setelah kesulitan menembus kabut tebal di bagian utara Iran. Menteri Dalam Negeri Ahmad Vahidi mengatakan tim penyelamat masih berusaha mencapai lokasi karena kondisi cuaca yang sulit.(Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat