visitaaponce.com

PBB Pasokan Bantuan Terhenti Akibat Penutupan Perbatasan Rafah

PBB: Pasokan Bantuan Terhenti Akibat Penutupan Perbatasan Rafah
Ilustrasi - PBB mengungkapkan sebanyak 82 ribu metrik ton bantuan kemanusiaan tertahan karena penutupan perbatasan rafah dan mesir.(AFP)

PASUKAN israel kembali merebut perbatasan utama antara Mesir dan Gaza selatan. Selain itu mereka menutup jalur bantuan penting ke daerah kantong Palestina yang sudah berada di ambang kelaparan.

"Penutupan perbatasan Rafah dengan Mesir telah menghentikan pengiriman sedikitnya 82.000 metrik ton bantuan dan perbekalan," kata seorang pejabat senior bantuan PBB.

Kepada Dewan Keamanan PBB, Edem Wosornu juga mengatakan akses ke penyeberangan Karem Abu Salem (dikenal sebagai Kerem Shalom di Israel), terbatas karena permusuhan, kondisi logistik yang menantang, dan prosedur koordinasi rumit.

Baca juga : Mesir Kecam Seruan Menteri Luar Negeri Israel Terkait Pembukaan Perbatasan Rafah

Wosornu mengatakan penutupan perbatasan ini berarti pasokan dan bahan bakar bagi PBB tidak mencukupi untuk memberikan dukungan berarti kepada masyarakat Gaza.

“Kami kehabisan kata-kata untuk menggambarkan apa yang terjadi di Gaza. Kami menggambarkannya sebagai bencana, mimpi buruk, seperti neraka di bumi. Ini semua, dan lebih buruk lagi,” jelasnya.

Mesir mengatakan penyeberangan Rafah ditutup karena ancaman operasi militer Israel. Israel telah mengambil alih sisi perbatasan Palestina sebagai bagian dari serangan yang sedang berlangsung terhadap kota di Gaza selatan. (aljazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat