visitaaponce.com

Keluarga Tentara Perempuan Israel yang Diculik Hamas Tekan Netanyahu untuk Pembebasan

Keluarga Tentara Perempuan Israel yang Diculik Hamas Tekan Netanyahu untuk Pembebasan
Keluarga dari tujuh tentara perempuan Israel yang diculik Hamas desak PM Benjamin Netanyahu membebaskan mereka.(AFP)

KELUARGA dari tujuh tentara perempuan Israel yang diculik Hamas selama serangan 7 Oktober merilis rekaman mengerikan tentang penculikan mereka, untuk menekan pemerintah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu agar mengamankan pembebasan mereka.

Video tersebut menunjukkan para terntara perempuan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) berbaris di depan dinding dengan tangan terikat. Wajah beberapa orang tampak memar dan berdarah.

Forum Keluarga Sandera mengaku memperoleh video tersebut dari IDF, yang sebelumnya telah mengedit video untuk menghilangkan adegan yang paling mengganggu.

Baca juga : Menlu AS Blinken Mengatakan Masih 'Ruang untuk Kesepakatan' Terkait Sandera Gaza

"Setiap kesaksian baru tentang apa yang terjadi pada para sandera menggema kebenaran tragis yang sama – kita harus membawa mereka semua kembali ke rumah, sekarang," kata Forum Keluarga Sandera dalam siaran pers Rabu.

Para perempuan tersebut diculik selama serangan Hamas di pangkalan militer Nahal Oz Israel, dekat Jalur Gaza utara, sebagai bagian dari serangan kelompok militan tersebut yang menewaskan sekitar 1.200 orang dan lebih dari 250 ditangkap dan dijadikan sandera di wilayah tersebut.

Setelah serangan tersebut, Israel melancarkan perang di Gaza yang telah menewaskan lebih dari 35.000 warga Palestina selama tujuh bulan terakhir, menurut Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza.

Baca juga : Keluarga Sandera Serbu Parlemen Israel

Para perempuan yang diculik bekerja sebagai pengamat IDF, peran yang melibatkan pemantauan keamanan perbatasan Israel.

Video tentang penderitaan tersebut dipublikasikan saat tekanan meningkat pada Netanyahu untuk mengamankan pembebasan orang-orang Israel yang masih ditahan oleh Hamas, yang menjadi tujuan utama pemerintahannya dalam ofensif di Gaza. Banyak upaya untuk mencapai kesepakatan pertukaran sandera dengan gencatan senjata dengan Hamas telah gagal dalam beberapa bulan terakhir, membuat marah mereka yang berkampanye di Israel untuk kembalinya para sandera.

"Negara Israel tidak dapat menerima kenyataan di mana warganya terus-menerus merasa hidup mereka terancam dan menderita ketakutan dan kecemasan yang tak henti-hentinya," kata Forum Keluarga Sandera saat mempublikasikan video tersebut pada hari Rabu.

Baca juga : Tuntut Netanyahu Mundur Kembali Merebak di Israel

"Dengan setiap hari yang berlalu, menjadi semakin sulit untuk membawa sandera kembali ke rumah – yang hidup untuk rehabilitasi dan yang terbunuh untuk pemakaman yang layak. Pemerintah Israel tidak boleh membuang waktu lagi; harus segera kembali ke meja negosiasi hari ini!"

Netanyahu mengatakan "ngeri dengan video yang menunjukkan penculikan para pengamat lapangan kami yang terkasih." 

Dia mengatakan Israel akan "terus melakukan segalanya untuk membawa mereka pulang" dan "kekejaman teroris Hamas hanya meningkatkan tekad saya untuk bertempur dengan kuat hingga kehancuran Hamas, untuk memastikan bahwa apa yang kita lihat malam ini tidak akan terjadi lagi."

Baca juga : Ibu Warga Prancis yang Disandera Hamas Mohon kepada Netanyahu

Menteri kabinet perang Benny Gantz mengatakan ketika pertama kali menonton video tersebut, itu membuat perutnya "mual." Namun, Gantz mengatakan, "tanggung jawab para pemimpin bukan hanya melihat kenyataan dengan mata terbuka – tetapi menciptakan kenyataan yang berbeda bahkan ketika harus mengambil keputusan yang sulit. Dan itulah tanggung jawab kita."

'Untuk dilihat dunia'

Salah satu perempuan yang ditampilkan dalam video, Ori Megidish, diselamatkan oleh IDF dalam operasi khusus 23 hari setelah diculik.

Yang lainnya, Noa Marciano, seorang Kopral IDF, dibunuh saat di Gaza dan tubuhnya dikembalikan ke Israel pada bulan November.

Namun, lima dari tujuh — Liri Albag, Karina Ariev, Agam Berger, Daniela Gilboa, dan Naama Levy — tetap dalam penahanan, lebih dari tujuh bulan setelah dibawa melintasi perbatasan.

Ibu dari Naama Levy mengatakan kepada CNN bahwa membawa mereka pulang bukanlah prioritas utama pemerintah Israel, mengatakan beberapa anggota pemerintah bahkan tidak menonton video tersebut.

"Menteri dan anggota pemerintah diminta untuk menonton versi video ini dalam pertemuan mereka, dan beberapa dari mereka menolak dan berkata kami ingin tidur nyenyak di malam hari," kata Ayelet Levy Shachar.

"Jadi jika ini adalah reaksinya saat tugas mereka adalah menonton materi ini, ini adalah pekerjaan mereka, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang benar, maka kami pikir kami harus menayangkannya untuk warga kami, untuk dilihat dunia."

Lebih dari 100 sandera dibebaskan selama kesepakatan pembebasan pada bulan November, tetapi IDF percaya masih ada sekitar 130 orang yang ditahan di Gaza.

Upaya untuk mencapai kesepakatan yang akan menghentikan perang di Gaza dan memungkinkan pembebasan sandera berulang kali gagal. Awal bulan ini, Hamas mengatakan penolakan Israel terhadap rencana gencatan senjata yang diajukan oleh mediator dalam negosiasi di Kairo telah mengembalikan pembicaraan pembebasan sandera ke "titik nol."

Pernyataan tersebut muncul sehari setelah putaran terakhir pembicaraan kesepakatan gencatan senjata dan pembebasan sandera di Gaza berakhir di Kairo, tanpa kesepakatan. (CNN/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat