visitaaponce.com

Israel Ambil Alih Jalur Perbatasan Gaza di Rafah

 Israel Ambil Alih Jalur Perbatasan Gaza di Rafah
Asap munncul di wilayah Rafah terkena serangan Israel(AFP)

WARGA Rafah melaporkan tembakan artileri dan tembakan intens pada Kamis (30/5) di kota ujung selatan Gaza. Israel mengatakan pihaknya telah merebut koridor strategis di perbatasan wilayah Palestina dengan Mesir.

Militer Israel melancarkan serangannya ke Rafah pada awal Mei meskipun ada protes internasional akibat nasib warga sipil Palestina yang berlindung di sana.

Serangan pada akhir pekan yang memicu kebakaran dan menewaskan puluhan orang di kamp pengungsian mengundang gelombang kecaman baru, termasuk kampanye media sosial dengan slogan "semua mata tertuju pada Rafah" dan telah dibagikan oleh puluhan juta pengguna.

Baca juga : Lanjut Serang Rafah, Israel Rebut Seluruh Perbatasan Gaza dengan Mesir

Israel, yang telah berulang kali bersumpah untuk menghancurkan Hamas setelah kelompok militan Palestina menyerang Israel selatan pada 7 Oktober, mengatakan pada hari Rabu bahwa pasukannya telah mengambil alih koridor Philadelphi sepanjang 14 kilometer di perbatasan Gaza-Mesir, yang mereka curigai digunakan untuk penyelundupan senjata.

Juru bicara militer Laksamana Muda Daniel Hagari mengumumkan Israel telah mengambil kendali operasional di wilayah perbatasan yang sempit, di mana ia mengatakan pasukannya telah menemukan sekitar 20 terowongan.

Mesir, yang telah lama menjadi mediator konflik dan semakin vokal mengkritik operasi Israel, menolak klaim adanya terowongan penyelundupan yang berada di bawah zona penyangga.

Baca juga : Mesir Kecam Seruan Menteri Luar Negeri Israel Terkait Pembukaan Perbatasan Rafah

“Israel menggunakan tuduhan ini untuk membenarkan kelanjutan operasi di kota Rafah di Palestina dan memperpanjang perang untuk tujuan politik,” kata sumber tingkat tinggi Mesir seperti dikutip oleh Al-Qahera News.

Para pejabat Mesir mengatakan kemungkinan pengambilalihan Philadelphi oleh Israel dapat melanggar perjanjian perdamaian penting kedua negara pada tahun 1979, meskipun belum ada komentar resmi dari Kairo sejak pengumuman militer tersebut.

Dalam kunjungannya ke Beijing, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi menyerukan peningkatan bantuan kemanusiaan ke Gaza yang terkepung dan menegaskan kembali penentangan negaranya terhadap setiap upaya yang memaksa warga Palestina untuk meninggalkan tanah mereka secara paksa.

Baca juga : Truk Bantuan untuk Gaza Kembali Tertahan di Mesir

Sementara itu, pemimpin Tiongkok Xi Jinping menyerukan konferensi perdamaian internasional yang berbasis luas, berwibawa dan efektif untuk mengatasi perang tersebut, saat ia menjadi tuan rumah bagi para pemimpin Arab termasuk Sisi.

Di Jalur Gaza, para saksi mata melaporkan adanya pertempuran di Rafah tengah dan barat.

Para saksi mata juga mengatakan pasukan Israel telah menghancurkan beberapa bangunan di wilayah timur kota tempat serangan Israel dimulai pada tanggal 7 Mei, awalnya berfokus pada penyeberangan perbatasan Rafah yang penting, yang merupakan titik masuk utama bantuan kemanusiaan. (AFP/Z-8) Israel Ambil Alih Jalur Perbatasan Gaza

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat