visitaaponce.com

Kementerian Penyatuan Korea Selatan Pertimbangkan Bertemu Kelompok Pemberontak Korea Utara

Kementerian Penyatuan Korea Selatan Pertimbangkan Bertemu Kelompok Pemberontak Korea Utara
Kementerian Penyatuan Korea Selatan sedang mempertimbangkan bertemu dengan kelompok-kelompok pemberontak Korea Utara(Yonhap)

KEMENTERIAN penyatuan sedang mempertimbangkan untuk bertemu dengan kelompok-kelompok pemberontak Korea Utara yang berdedikasi untuk mengirimkan selebaran anti-Pyongyang melintasi perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara di tengah ketegangan yang meningkat di Semenanjung Korea, kata pejabat-pejabat Seoul, Selasa.

Ketegangan meningkat ketika Kim Yo-jong, saudari dari pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, memperingatkan pada Minggu bahwa negaranya bisa mengambil "tindakan balasan baru" yang tidak ditentukan terhadap Korea Selatan, jika Seoul terus mengirimkan selebaran tersebut dan memperdengarkan siaran keras melintasi perbatasan.

Korea Selatan mulai memperdengarkan siaran keras, Minggu untuk pertama kalinya dalam enam tahun sebagai respons terhadap pengiriman balon-balon sampah yang terus menerus dari Korea Utara ke Selatan. Namun, siaran keras tersebut tidak dihidupkan keesokan harinya, kemungkinan untuk mencegah situasi menjadi semakin tidak terkendali.

Baca juga : Tentara Korea Selatan Tembak Peringatan Setelah Tentara Korea Utara Melintasi Perbatasan DMZ

"Pemerintah sedang berupaya untuk mengadakan pertemuan dengan kelompok-kelompok warga terkait secepat mungkin untuk komunikasi yang lebih dekat," kata seorang pejabat kementerian.

Kementerian tersebut telah mengatakan mereka tidak akan secara resmi meminta kelompok-kelompok pemberontak untuk menahan kampanye penyebaran selebaran, mengutip putusan Mahkamah Konstitusi tahun lalu terkait masalah tersebut.

Pada September, mahkamah tersebut memutuskan klausa yang melarang peluncuran selebaran dalam undang-undang tentang pengembangan hubungan antar-Korea adalah tidak konstitusional, mengatakan bahwa hal itu secara berlebihan membatasi hak atas kebebasan berekspresi.

Pemerintah mengatakan polisi dapat menggunakan kewenangannya untuk mencegah operasi selebaran aktivis di lapangan, jika perlu, dalam kasus di mana gerakan tersebut mengancam serius penduduk perbatasan.

Selama bertahun-tahun, pemberontak Korea Utara di Korea Selatan dan aktivis konservatif telah mengirimkan balon-balon plastik besar yang membawa selebaran kritis terhadap Kim Jong-un dengan tujuan membebaskan rakyat Korea Utara dari rezim tiran dengan informasi dari luar. (Yonhap/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat