visitaaponce.com

Apa Itu Prophetic Parenting Yuk Kenalan dengan 6 Metodenya

Apa Itu Prophetic Parenting? Yuk Kenalan dengan 6 Metodenya
Ilustrasi mengasuh anak(MI/Ramdani)

POLA asuh yang baik dari orangtua akan melahirkan anak-anak yang memiliki karakter baik. Pendidikan pertama bagi seorang anak hadir dari keluarganya, terutama orangtua. Dalam mendidik, ada pola asuh yang kerap dikenal dengan prophetic parenting.

Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang (FKIP UMM) Dr. Nurul Zuriah, M.Si menjelaskan jika parenting adalah model atau sistem pengasuhan anak yang dilakukan oleh orangtua. Sedangkan prophetic yakni istilah yang dimaknai sebagai sifat yang dimiliki oleh Nabi.

Jika digabungkan, prophetic parenting bisa dipahami sebagai model pengasuhan anak versi Rasulullah SAW. Metode ini merupakan model pendidikan anak yang sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW. Pun menjadikan Nabi sebagai suri tauladan bagi anak.

Baca juga : Mindful Parenting Bentuk Anak yang Sukses dan Tangguh

“Kepribadian Rasulullah akan menjadi contoh yang ideal bagi tumbuh kembang anak. Mereka akan mengikuti segala hal baik yang Rasulullah ajarkan dan lakukan,” ungkap Nurul seperti dikutip dari laman resmi UMM.

Ketua Divisi Penelitian Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM) UMM ini melanjutkan, pendidikan anak harus sesuai dengan zamannya. Melihat banyak digitalisasi di berbagai sektor, maka orangtua harus menyesuaikan diri dengan tetap memegang teguh kebaikan. 

“Sekarang zaman digital, hampir semua informasi dan kebutuhan bisa dengan mudah didapat melalui gawai ataupun alat elektronik lain. Nah, tinggal bagaimana para ayah dan ibu bisa memanfaatkannya sekreatif mungkin,” tutur Nurul.

Baca juga : Cegah Kekerasan Seksual di Kampus, Kemendikbud Tekankan Pola Asuh Orang Tua

Enam Metode Mendidik Anak

Selain memanfaatkan teknologi, Nurul juga menyebutkan pesan Rasullah terkait metode dalam mendidik anak. Ada enam cara yang bisa dilakukan oleh orangtua. 

1. Teladan dan meneladani

2. Pembiasaan kepada anak

Mereka dibiasakan untuk melakukan hal-hal baik di setiap hari. 

Baca juga : Tasya Kamila Batasi Kedua Anaknya Menggunakan Gawai

3. Nasehat

Memberikan nasehat-nasehat kepada anak agar tetap di jalan yang benar.

4. Perhatian

Anak tentu harus diperhatikan dengan semaksimal mungkin. Nantinya, perhatian tersebut akan memudahkan mereka dalam menjalankan kebiasaan baik.

5. Hukuman

Cara yang kelima adalah hukuman yang harus digunakan di waktu yang tepat. 

Baca juga : Punya Anak Remaja? Orangtua Disarankan Terapkan Authoritative Parenting

“Orangtua juga jangan menghukum dengan perasaan marah. Selalu lemah lembut agar anak tidak tertekan dan bisa menyadari kesalahannya,” tambah Nurul.

6. Kisah-kisah

Kemudian metode terakhir adalah memberikan kisah-kisah. Nurul menjelaskan metode kisah ini punya peran penting karena anak-anak memerlukan cerita-cerita teladan yang menginspirasi mereka. 

"Enam metode yang sudah disebutkan merupakan anjuran dari Rasulullah. InsyaAllah para orangtua akan diberi kemudahan dalam mendidik dan mengasuh anak-anaknya dengan menggunakan cara-cara ini,” pungkas Nurul.(M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat