visitaaponce.com

Berencana Beli Kulkas Ini Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Berencana Beli Kulkas? Ini Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan
Ilustrasi penyimpanan makanan di kulkas.(Dok. Freepik)

BUNDA, kulkas merupakan perlengkapan yang dibutuhkan hampir semua rumah tangga. Fungsinya vital, untuk menyimpan bahan masakan, makanan, dan minuman yang memerlukan suhu dingin atau perlu disimpan dalam kondisi beku. Terlebih jika Bunda adalah seorang ibu bekerja yang sedang dalam masa menyusui bayi. Kulkas sangat diperlukan untuk menyimpan stok air susu ibu (ASI) perah yang akan diberikan pada si kecil ketika Bunda jauh dari rumah.

Nah, jika Bunda sedang berencana membeli kulkas, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pasalnya, saat ini ada beragam jenis kulkas di pasaran. Jangan sampai, Bunda salah pilih sehingga kulkas yang dibeli tak sesuai harapan. Apa saja faktor yang perlu dipertimbangkan? Mari simak kiat berikut.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Ukuran kulkas idealnya mampu menampung stok makanan dan minuman yang dibutuhkan keluarga. Untuk keluarga kecil, kulkas dua pintu mungkin cukup. Tapi untuk keluarga dengan lima anggota atau lebih, mungkin perlu kulkas yang lebih besar lagi. Perlu diingat, kulkas tidak boleh dipaksakan untuk menampung terlalu banyak makanan dan minuman, sebaiknya isi sampai maksimal tiga perempat volumenya agar udara dalam kulkas bebas bersirkulasi dan proses pendinginan lebih efektif. Dengan demikian, suhu lebih stabil, makanan pun lebih awet.

Baca juga : Bunda Tidak Perlu Khawatir, Kini Hadir Sayuran dalam Kemasan Frozen

Selain disesuaikan dengan kebutuhan penyimpanan, pemilihan ukuran kulkas juga perlu mempertimbangkan besar ruangan yang akan ditempati kulkas. Apakah ruang yang tersedia cukup memadai atau tidak.  

“Kulkas jangan terlalu kecil, juga jangan terlalu besar. Agar bisa memperkirakan dengan jelas, sebaiknya datang langsung ke toko, lihat ruang penyimpanannya, sesuaikan dengan kebutuhan penyimpanan makanan,” terang Head of Refrigerator Product AQUA Elektronik Indonesia, Sapto Adi Putro, pada peluncuran seri kulkas terbaru AQUA Flexy Series, di Electronic City Kota Kasablanka, Jakarta, baru-baru ini.

Pilih yang Hemat Listrik

Kulkas umumnya selalu dalam keadaan on sepanjang hari. Oleh karena itu, penting untuk memilih kulkas yang hemat listrik. Untuk tujuan ini, kulkas berteknologi inverter bisa dipertimbangkan. Teknologi inverter awalnya lebih banyak digunakan pada perangkat air conditioner. Namun, kini teknologi tersebut juga dipakai pada kulkas dengan tujuan sama, membuat proses pendinginan lebih efektif dan hemat listrik.

Baca juga : Sambut Tahun Naga, Video Yeo's Ingatkan Pentingnya Keluarga

“Teknologi inverter membuat kompresor kulkas bekerja secara dinamis sesuai beban pendinginan yang berubah-ubah. Kulkas inverter dapat melakukan proses pendinginan lebih cepat, menjaga suhu tetap stabil, dan hemat listrik,” kata Sapto.

Pertimbangkan Kelengkapan Fitur

Seiring dengan kemajuan teknologi, fitur kulkas kini semakin lengkap. Misalnya, kemampuan membunuh bakteri, pendinginan cepat, menjaga suhu tetap stabil, mencegah timbulnya aroma kurang sedap, hingga pengaturan kelembapan yang sangat berguna untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman yang disimpan.

“Masyarakat kadang mengeluh makanan dan minuman yang disimpan di kulkas kesegarannya kurang bertahan lama, timbul aroma kurang sedap, atau kapasitas kulkas terbatas sehingga tidak bisa menyimpan stok makanan dan minuman dalam jumlah cukup. Nah, inovasi-inovasi teknologi terkini membantu mengatasi masalah-masalah tersebut,” ujar Head of Modern Market Channel AQUA Elektronik Indonesia, Jefry Tjandra, pada kesempatan sama.

Baca juga : WRP Luncurkan Produk Ukuran 200 Gram

Perhatikan Kemudahan Penggunaan

Perkembangan teknologi juga memungkinkan pengaturan suhu dan parameter lainnya lebih mudah dilakukan. Contohnya, kulkas yang dilengkapi panel layar sentuh dengan warna-warna khusus, sehingga pilihan-pilihan pengaturannya lebih jelas dan lebih mudah dioperasikan dengan visibilitas yang baik, bahkan di area gelap.

Bahkan, ada juga kulkas yang menggunakan konsep internet of things (IoT). Jadi, kulkas tersebut terhubung ke internet melalui Wi-Fi dan juga terhubung ke ponsel lewat aplikasi. Jadi, pengguna bisa mengatur suhu dan parameter lainnya melalui ponsel, serta menerima notifikasi dan memonitor pengaturan kulkas dari luar rumah. 

Bunda, itulah sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan saat akan membeli kulkas. Ingat, selalu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget ya! (X-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eni Kartinah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat