visitaaponce.com

Hormon hingga Asupan Gizi Jadi Kunci Tinggi Badan Anak yang Optimal

Hormon hingga Asupan Gizi Jadi Kunci Tinggi Badan Anak yang Optimal
Manfaat hormon bagi pertumbuhan anak(Freepik)

AHLI gizi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana Jakarta Fitri Hudayani mengungkapkan bahwa hormon pertumbuhan dan asupan gizi memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tinggi badan anak.

"Anak laki-laki bisa terus tumbuh hingga usia 20 tahun, sementara anak perempuan hingga usia 18 tahun. Dalam masa pertumbuhan tersebut, orang tua dianjurkan untuk memberikan asupan gizi yang berkualitas," ungkap Fitri Hudayani, seperti dikutip dari Antara, Senin (13/5).

Namun, dalam beberapa kasus, pertumbuhan anak bisa melebihi standar. Fitri menjelaskan bahwa produksi hormon pertumbuhan yang berlebihan bisa memengaruhi proses pemanjangan tulang, sehingga memerlukan pengkajian khusus oleh ahlinya.

Baca juga : Agar tidak Mudah Sakit di Musim Hujan, Anda Diingatkan terapkan Pola Makan Sehat

Untuk mendukung pertumbuhan anak secara alami, orang tua disarankan untuk memberikan makanan yang kaya protein, seperti ikan, daging, telur, dan sayuran hijau. Selain itu, kalsium dari susu juga penting untuk pertumbuhan tulang.

Fitri juga menekankan pentingnya pola makan yang sesuai dengan usia dan kebutuhan anak, disertai dengan aktivitas fisik yang cukup.

"Hindari konsumsi gula berlebihan, karena hal itu dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes, yang juga berpotensi memengaruhi hormon pertumbuhan," kata dia.

Sebelumnya, beredar kabar tentang seorang anak laki-laki kelas 6 SD di Kabupaten Kerinci, Jambi, yang tinggi badannya mencapai dua meter. Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan bahwa tubuhnya lebih besar dari anak-anak seusianya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat