visitaaponce.com

7 Jenis Kacang-kacangan Pelancar ASI, Bisa Bikin Cerdas Juga Loh

7 Jenis Kacang-kacangan Pelancar ASI, Bisa Bikin Cerdas Juga Loh!
Kacang-kacangan pelancar ASI(Freepik)

MENGALAMI kesulitan dalam produksi ASI adalah hal yang umum dialami oleh banyak ibu menyusui. Untuk mengatasi masalah ini, pemilihan makanan yang tepat dapat menjadi solusi.

Salah satu kelompok makanan yang dikenal dapat membantu melancarkan ASI adalah kacang-kacangan. Selain membantu melancarkan ASI, kacang-kacangan juga bisa memberikan nutrisi penting yang dapat mendukung perkembangan otak dan kesehatan bayi.

Menurut Ony Christy (Bidan Ony), seorang bidan yang ditemui saat acara Dukung Ibu dengan Berbagi Kepedulian bersama Philips AVENT pada Sabtu (01/6), makanan berkualitas sangat berpengaruh pada kualitas ASI. "Kacang-kacangan itu tinggi protein, jadi ketika kita mengonsumsi makanan yang tinggi protein, otomatis ASI kita jadi lebih berkualitas. Kandungan protein dan lemaknya lebih tinggi sehingga nanti untuk bayinya juga lebih bagus," jelasnya.

Baca juga : Menyusui Lebih dari 2 Tahun, Apakah Berdampak Buruk?

Bidan Ony juga menambahkan bahwa menjaga kondisi mental ibu sangat penting untuk produksi ASI. "Ketika ibu stres, hormon oksitosin di dalam tubuh ibu akan turun, dan otomatis ASI-nya jadi tidak lancar. Oleh karena itu, dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar sangat penting," tambahnya.

Berikut ini beberapa jenis kacang-kacangan yang direkomendasikan untuk ibu menyusui guna membantu melancarkan ASI dan mendukung kesehatan bayi:

1. Kacang Almond

Almond merupakan sumber nutrisi yang penting untuk ibu menyusui. Almond mengandung kalsium, zat besi, protein, zinc, dan magnesium yang menjadikannya salah satu makanan terbaik untuk ibu menyusui. Almond juga baik untuk perkembangan otak bayi karena mengandung riboflavin dan L-carnitine yang merangsang fungsi otak.

Baca juga : Menyusui Ternyata Cukup Selama 15-30 Menit

2. Kacang Kenari

Kenari merupakan sumber protein nabati dan lemak sehat yang sangat baik untuk bayi. Ibu dapat mengonsumsinya sebagai camilan sehat untuk menambah kualitas ASI.

3. Kacang Hijau

Kacang hijau mengandung asam folat yang baik untuk ibu dan bayi. Selain melancarkan ASI, mengonsumsi kacang hijau juga baik untuk menunjang kesehatan bayi.

4. Kacang Kedelai

Kacang kedelai mengandung vitamin B6 yang bermanfaat meningkatkan suasana hati. Dengan begitu, kacang kedelai sangat baik untuk mendukung ibu menyusui dalam memproduksi ASI secara maksimal.

Baca juga : Ini Alasan Bayi yang Lahir Caesar Harus Segera Diberi ASI

5. Edamame

Edamame sangat cocok dijadikan camilan sehat dalam keseharian ibu menyusui. Tidak hanya mengenyangkan tetapi juga memberikan energi ekstra serta memperkaya nutrisi ASI. Bahkan, mengonsumsi edamame juga dapat melancarkan dan membuat ASI lebih berkualitas.

6. Kacang Mete

Kacang mete dapat memperlancar ASI. Mengandung banyak mineral dan vitamin seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan vitamin K yang baik untuk ibu menyusui. Tidak hanya menyehatkan tetapi juga membuat ASI lancar.

7. Kacang Tanah

Kacang tanah menjadi salah satu makanan favorit yang bisa diandalkan selama menyusui. Kacang tanah diketahui dapat memberikan energi tambahan bagi ibu menyusui, membantu mencukupi kebutuhan protein dan lemak tak jenuh serta baik untuk sistem pencernaan. Makan kacang tanah bisa membantu produksi ASI maksimal dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kacang-kacangan memang menjadi salah satu makanan yang padat nutrisi. Makanan ini menyediakan banyak vitamin dan mineral yang memberikan energi pada ibu menyusui yang dibutuhkan setiap harinya. Mengonsumsi kacang tidak hanya mengenyangkan tetapi juga membantu mengisi kembali beberapa nutrisi yang dibutuhkan serta memberikan ASI bergizi untuk bayi, seperti dikutip dari laman Smartparents.

Tak hanya itu kacang, juga mengandung folat, yang penting untuk perkembangan bayi serta merupakan sumber vitamin D yang membuat kulit bercahaya dan rambut berkilau. Banyak ibu menyusui percaya bahwa mengonsumsi kacang-kacangan dapat meningkatkan pasokan ASI dan juga kualitas ASI. Beberapa ibu menyusui melihat bahwa dengan konsumsi kacang-kacangan, ASI mereka jadi lebih kental dan berkrim. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat