visitaaponce.com

Menelusuri 15 Makanan Khas Padang Mulai dari Rendang Hingga Kalio Jariang

Menelusuri 15 Makanan Khas Padang Mulai dari Rendang Hingga Kalio Jariang
15 makanan khas Padang yang enak dan menggugah selera(Freepik)

SUMATERA Barat telah menjadi destinasi kuliner yang sangat populer bagi para penggemar makanan, terutama bagi mereka yang menyukai rendang, makanan khas Padang yang sangat terkenal. Selain rendang, daerah ini juga terkenal dengan berbagai makanan khas yang menggugah selera.

Makanan khas Padang terkenal karena memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Selain rendang, ada banyak hidangan khas lainnya yang layak dicoba di Sumatera Barat. Daerah ini terkenal dengan rasa kuat dan biasanya pedas yang membuatnya diminati oleh banyak orang.

Bagi para wisatawan, perjalanan ke suatu daerah, biasanya tidak lengkap tanpa mencoba makanan khasnya. Terutama jika tujuan perjalanan adalah daerah seperti Padang, yang terkenal dengan berbagai hidangan khasnya yang lezat.

Baca juga : 6 Oleh Oleh Khas Padang Selain Rendang, Nomor 4 Mirip Dodol Garut!

Indonesia dikenal karena keberagaman budayanya, termasuk dalam hal kuliner. Tiap daerah memiliki makanan khasnya sendiri, termasuk Padang yang memiliki lebih dari lima hidangan khas yang tidak boleh dilewatkan.

Meskipun beberapa makanan khas Padang sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia, rasanya akan berbeda ketika dinikmati di daerah asalnya. Oleh karena itu, bagi para wisatawan yang mengunjungi Padang, penting untuk mengetahui beberapa rekomendasi hidangan khas daerah ini yang bisa memanjakan lidah.

Kuliner Padang terkenal dengan keanekaragaman citarasanya. Masakan Padang telah menjadi favorit di seluruh Nusantara, dan hampir di setiap kota bisa ditemukan rumah makan Padang.

Baca juga : Ini 5 Makanan Khas Negara ASEAN yang Populer di Dunia 

Bagi para pengunjung yang datang ke Padang, menjelajahi kuliner Padang adalah hal yang wajib dilakukan. Dari sate Padang, nasi Padang, sampai soto Padang, semua kuliner tersebut dapat dinikmati di kota asalnya. Padang juga menawarkan beragam warung makan legendaris yang terkenal dengan hidangan khasnya.

Wisata kuliner Padang dapat dinikmati kapan saja, baik siang maupun malam. Tempat-tempat kuliner legendaris di Padang telah menjadi favorit bagi penduduk lokal maupun wisatawan untuk menikmati hidangan khas daerah ini. Berikut beberapa makanan khas Padang, Sumatra Barat yang bisa untuk di coba.

Makanan Khas Padang

1. Rendang

Baca juga : Cho Tokimeki Icipi Masakan Indonesia, dari Batagor Hingga Rendang

Dalam daftar kuliner khas Sumatera Barat, tidak bisa dilewatkan tanpa menyebut rendang. Hidangan legendaris ini terbuat dari daging sapi dan rempah-rempah khas. Bumbu yang digunakan untuk membuat rendang juga dikenal mengandung antiseptik. Meskipun rendang dapat ditemukan di berbagai daerah, kualitas rendang yang sangat terkenal biasanya berasal dari Payakumbuh, Minangkabau.

2. Sate Padang

Salah satu kuliner daging khas Sumatera Barat adalah sate Padang. Sate Padang memiliki berbagai bentuk, termasuk sate Padang, sate Padang panjang, dan sate Pariaman. Masing-masing jenis sate memiliki saus kacang yang berbeda, dari kental seperti bubur hingga saus dengan warna merah atau kuning. Sate Padang biasanya disajikan dengan ketupat dan kerupuk jangek untuk meningkatkan rasanya.

Baca juga : 10 Makanan Khas Surabaya yang Lezatnya Bikin Nagih, Nomor 4 Berani Coba?

3. Dendeng Balado

Di samping rendang dan sate Padang, dendeng balado merupakan sajian khas dari Sumatera Barat yang dibuat dari daging sapi. Dendeng balado disuguhkan dalam bentuk potongan tipis yang digoreng, kemudian diselimuti dengan bumbu balado yang penuh rempah. Restoran-restoran di Kota Padang biasanya menyediakan dendeng balado yang otentik.

4. Lontong Padang

Baca juga : 8 Makanan Khas Solo yang Menggugah Selera, Awas Ketagihan!

Lontong sayur adalah hidangan sarapan khas Padang yang terkenal akan kuah santan kentalnya dan bumbu rempah yang kaya. Selain di Padang, lontong sayur juga bisa dinikmati di daerah Pariaman.

5. Ayam Pop

Bagi yang tidak terlalu suka dengan daging sapi, Sumatera Barat memiliki ayam pop sebagai alternatif.Ayam pop terkenal karena tetap mempertahankan warna putihnya setelah digoreng, dikarenakan sebelumnya direbus dengan air kelapa dan tambahan bumbu bawang putih. Bukittinggi adalah tempat yang tepat untuk mencicipi ayam pop yang autentik.

Baca juga : Ibis Styles Yogyakarta Luncurkan Oleh-Oleh dengan Nilai Historis, Ada Roti Sarkem

6. Ikan Asam Padeh

Ikan asam padeh adalah hidangan populer di Sumatera Barat yang terkenal dengan rasa asam dan pedasnya. Ada beragam jenis ikan yang dapat digunakan, mulai dari ikan tongkol, kakap, gurame, hingga kembung. Solok, Padang Panjang, dan Pariaman adalah tempat yang tepat untuk mencicipi hidangan ini.

7. Itiak Lado Mudo


 

Baca juga : 7 Makanan Khas Semarang yang Unik dan Lezat, Rugi Kalau Nggak Coba!

Itiak lado mudo merupakan hidangan bebek yang khas berasal dari daerah Agam, Sumatera Barat.Dengan rasa pedas dan gurihnya, hidangan ini menjadi favorit tidak hanya di kalangan wisatawan lokal, tetapi juga dari mancanegara. Salah satu lokasi yang terkenal dengan sajian ini adalah Ngarai Sianok.

8. Lamang

Lamang adalah kudapan tradisional Sumatera Barat yang terbuat dari ketan dicampur dengan santan, dibungkus daun pisang, lalu dipanggang dalam bambu. Tanah Datar adalah tempat yang cocok untuk menikmati lamang hangat di tengah cuaca dingin.

Baca juga : 9 Makanan Khas Betawi yang Rugi Kalau Nggak Dicoba, Ini Daftarnya

9. Sala Lauak

Sala lauak adalah gorengan khas Pariaman, Sumatera Barat, yang terbuat dari teri atau udang halus.Teksturnya crispy di luar dan lembut di dalam, menyerupai combro khas Jawa Barat.

10. Bika Talago

Baca juga : 9 Makanan Khas Jogja yang Paling Terkenal, Nomor 8 Berani Coba?

Bika talago adalah kue khas Bukittinggi yang disajikan hangat-hangat. Rasanya gurih dan manis karena terbuat dari tepung beras, kelapa parut, gula merah, dan gula putih.

11. Gulai Itiak

Gulai itiak merupakan salah satu makanan khas Padang yang sebaiknya dicoba. Makanan ini terdiri dari daging bebek yang diolah dengan berbagai macam rempah-rempah. Meskipun menggunakan daging bebek, gulai itiak tidak memiliki aroma yang umumnya terkait dengan daging bebek yang biasanya amis. Hidangan ini terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya yang memberikan rasa yang istimewa.

Baca juga : 11 Makanan Khas Bogor yang Perlu Dicoba, Dijamin Wisata Kuliner Anti Bosan!

12. Gulai Tauco

Di samping gulai itiak, Padang memiliki hidangan khas lain yang disebut gulai tauco yang juga sangat lezat. Gulai tauco terdiri dari tauco yang dicampur dengan rempah khas Padang. Dalam hidangan gulai tauco ini, biasanya terdapat irisan buncis, tahu, dan udang yang menambah cita rasa lezat pada hidangan tersebut.

13. Dadiah

Baca juga : 10 Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba, Unik dan Harganya Terjangkau!

Dadiah adalah hidangan khas yang terbuat dari fermentasi susu kerbau, dan memiliki tekstur yang serupa dengan yoghurt.Fermentasi dadiah dilakukan dalam wadah bambu yang kemudian ditutup menggunakan daun pisang dan daun waru yang sebelumnya dipanaskan di atas api.

Berdasarkan informasi yang diambil dari situs resmi Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat, dadiah umumnya dimakan sebagai menu sarapan pagi. Umumnya, dadiah disuguhkan dengan tambahan emping atau kerupuk nasi, dan juga gula merah.. Dadiah juga sering kali dijadikan sebagai pelengkap nasi.

14. Kerupuk Jangek

Baca juga : Gunung Marapi Kembali Erupsi Disertai Gemuruh dan Hujan Abu

Kerupuk kulit dikenal juga sebagai kerupuk jangek dalam bahasa Minangkabau, adalah salah satu camilan favorit di daerah tersebut. Proses pembuatan kerupuk jangek melibatkan kulit sapi yang dipilih dengan cermat, direbus, disangrai, dan kemudian dijemur serta digoreng.Jika Anda berada di Sumatera Barat, disarankan untuk mencicipi kerupuk jangek, sejenis camilan khas yang mempunyai cita rasa gurih dan lezat.

15. Kalio Jariang

Kalio jariang adalah hidangan khas Padang yang menggunakan jariang (jengkol) sebagai bahan utamanya. Seperti memasak rendang, kalio jariang dimasak hingga kuahnya kental, tetapi tidak sampai kering. Bagi penggemar jengkol, disarankan untuk mencoba hidangan khas Padang ini.

Baca juga : 9 Makanan Khas Jawa Timur yang Paling Terkenal, Lezatnya Bikin Nagih!

Jadi sudah memutuskan untuk mencoba hidangan apa? Anda dapat menikmati hidangan khas di restoran Padang atau di warung nasi kapau terdekat. Selamat menikmati! (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat