visitaaponce.com

HUT Ke-50, Sarirasa Group Perkuat Komitmen Lestarikan Kuliner Nusantara

HUT Ke-50, Sarirasa Group Perkuat Komitmen Lestarikan Kuliner Nusantara
Sarirasa Group popular dengan menu-menunya yang bernuansa khas Nusantara.(Ist)

KERAGAMAN kuliner Nusantara menjadi salah satu kekayaan budaya Indonesia yang membanggakan. Upaya pelestariannya tentu perlu diupayakan.

Terlebih di era globalisasi ini, ketika arus budaya asing, termasuk kulinernya, membanjiri Indonesia.

Salah satu langkah penting untuk terus menghidupkan kuliner Nusantara ialah dengan menghadirkannya dalam menu-menu restoran, sehingga masyarakat semakin mudah mengaksesnya.

Baca juga : Lakukan Inovasi, Sate Khas Senayan Hadirkan Banyak Ruang VIP

Hal itu pula yang dilakukan Sarirasa Group yang tahun ini memasuki usia 50 tahun. Sejak awal berdirinya, group yang menaungi sejumlah brand restoran ini berkomitmen teguh untuk merayakan keragaman budaya Indonesia, termasuk kuliner Nusantara.

“Inti dari misi Sarirasa Group adalah usaha kuliner kami, yang menjadi perwakilan hidup dari warisan kuliner Indonesia yang kaya. Mulai dari hidangan tradisional yang dihargai hingga kreasi kuliner inovatif, restoran dan konsep makanan kami sangat disukai oleh penduduk lokal maupun wisatawan,” kata CEO Sarirasa Group, Benny Hadisurjo, dalam keterangan, Kamis (15/2/2024). 

Tak mengherankan, brand-brand restoran di bawah naungan Sarirasa Group popular dengan menu-menunya yang bernuansa khas Nusantara.

Baca juga : Bruule House Hadirkan Konsep 'Dine-in' Serasa di Rumah Sendiri

Grup Senayan misalnya, mencerminkan gaya hidup domestik Jawa, Sate Senayan menawarkan beragam hidangan sate, termasuk Sate Senayan, Sate Khas Senayan, Sate & Seafood Senayan, dan Sate Express Senayan.

“Diciptakan dengan teliti, setiap hidangan menangkap inti warisan kuliner Indonesia,” imbuh Benny.

Lalu, TeSaTe dan TeKoTe. Mengakomodasi para pelancong Indonesia modern, TeSaTe dan TeKoTe menggabungkan cita rasa tradisional dengan pengalaman bersantap kontemporer.

Baca juga : Restoran Legendaris ini Hadirkan Menu Khas Sunda dan View Nyaman

Restoran-restoran ini menawarkan perjalanan kuliner yang berwarna, menarik para pengunjung dengan hidangan inovatif yang terinspirasi oleh kekayaan budaya Indonesia.

Kemudian, Gopek House. Menggabungkan perpaduan budaya Tionghoa dan Peranakan, Gopek House menawarkan pengalaman makan yang unik dengan cita rasa tradisional dan warisan yang kental.

Mulai dari hidangan gurih hingga hidangan penutup yang menggoda selera, setiap sajian menceritakan kisah pertukaran budaya dan inovasi kuliner. 

Baca juga : Kolaborasi Memukau Para Chef Profesional dalam 'Botany Food Diary'

Merek selanjutnya, Sarirasa Catering. Mengkhususkan diri pada hantaran dan tumpeng, Sarirasa Catering menghadirkan kegembiraan tradisi Indonesia.

Baik itu perayaan pernikahan maupun acara korporat, Sarirasa Catering memastikan bahwa setiap momen dipenuhi dengan kehangatan dan cita rasa warisan kuliner Indonesia. 

Terakhir, Foodiesia, menawarkan pilihan yang menyenangkan dari suvenir dan makanan ringan Indonesia. Dari makanan ringan tradisional hingga kerajinan tangan, Foodiesia mengajak pengunjung untuk membawa pulang sebagian dari kekayaan budaya Indonesia.  

Baca juga : Vivere Hotel, Artotel Curated Ikut Meriahkan Program 'Jelajah Nusantara' dari Artotel Wanderlust Tahun 2024

Benny menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk melestarikan warisan budaya Indonesia yang kaya melalui karakter Budayawan (Asal).

“Melalui upaya pelestarian yang teliti, kami melindungi spesimen dan informasi budaya, memastikan bahwa warisan Indonesia terus menginspirasi generasi mendatang," jelasnya.

"Inisiatif pelestarian kami mencakup beragam harta budaya, termasuk Wayang Jawa (Buku Dalang dan Komik), Sastra Peranakan (Silat, Komik, dan Wacinwa), tekstil tradisional, lukisan kaca, dan keramik," ucap Benny.

Baca juga :  JIP Dukung Festival Kuliner Nusantara

"Dengan menghormati dan membagikan permata budaya ini, kami menghormati para pengrajin dan pencerita yang telah membentuk kain tenun yang beragam di Indonesia,” tambahnya. 

Sarirasa group juga berkomitmen merawat keindahan alam Indonesia. Komitmen mereka terhadap keberlanjutan lingkungan tecermin dalam setiap aspek operasi yang diwujudkan melalui karakter lingkungan.

“Melalui inisiatif seperti Sarirasa Tanahmula, dan program pengelolaan sampah, kami secara aktif berkontribusi pada pelestarian keindahan alam Indonesia. Dengan mengadopsi solusi pengelolaan sampah inovatif, kami berupaya meminimalkan jejak ekologis dan menjaga kelestarian untuk generasi mendatang,” pungkas Benny. (S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat