visitaaponce.com

5 Ide Resep Olahan Daging Sapi dan Kambing untuk Sambut Idul Adha

5 Ide Resep Olahan Daging Sapi dan Kambing untuk Sambut Idul Adha
Resep olahan daging kurban(Ilustrasi)

PERAYAAN Idul Adha biasanya diiringi dengan hidangan daging sapi atau kambing yang diperoleh dari hasil berkurban.

Tokopedia dan ShopTokopedia, bersama Presiden Islamic Chef and Culinary of Indonesia, Chef Adie Miartadi, membagikan lima resep hidangan daging untuk dikreasikan saat Idul Adha yang dikutip dari Antara pada Senin (10/6).

1. Spageti Bakar dengan Daging Sambal Matah 

Menggabungkan resep menjadi fusion food bisa menjadi ide menu baru untuk suasana Idul Adha. Salah satu contohnya adalah spageti dengan potongan daging sapi atau kambing, dilengkapi dengan sambal matah untuk rasa yang segar dan pedas. Chef Adie menyarankan memotong daging kecil-kecil, membalurnya dengan garam dan lada, kemudian meremasnya hingga sari daging keluar, dan mendiamkannya selama 20 menit sebelum dimasak.

Baca juga : Harga Sapi di Makassar Naik Jelang Idul Adha

2. Sate Kambing Plecing 

Mengolah sate dengan bumbu plecing khas Lombok memberikan variasi yang menarik. Pilih bagian daging yang empuk seperti has dalam, proses daging hingga empuk dengan meremas-remasnya, dan potong dalam bentuk kotak-kotak. Daging sebaiknya tidak dimasak terlalu lama agar tetap empuk. Bumbu atau sambal plecing bisa didapatkan melalui Tokopedia.

3. Daging Panggang Bumbu Rawon 

Meskipun daging panggang atau steak lebih dikenal sebagai resep ala Barat, menambahkan bumbu rawon sebagai sausnya menjadikannya olahan daging khas Nusantara yang unik. Chef Adie menyarankan menambahkan sayuran seperti brokoli, wortel, buncis, bayam, lettuce, dan kangkung untuk menjaga keseimbangan nutrisi. Sayuran sebaiknya dikukus atau direbus.

4. Tumis Daging 

Tumis daging merupakan olahan praktis dan legit yang tidak memerlukan waktu lama. Kunci kelezatannya adalah menambahkan bawang bombai untuk menetralisir kolesterol. Proses memasak sebaiknya hanya sekitar 5 menit. Tokopedia mencatat beberapa jenis daging sapi yang paling laris, termasuk daging iris, brisket, shortplate, rawon, dan daging giling.

Baca juga : Jelang Idul Adha, Harga Sapi dan Kambing Alami Kenaikan

5. Sop Iga Asam Pedas 

Sop iga asam pedas mengandalkan metode boiling dalam kuah mendidih untuk menggugah selera. Rasa asam pedas membuat daging sapi atau kambing lebih segar. Iga kambing dapat dimasak dengan bumbu rempah pedas.

Chef Adie menyarankan menyimpan daging kurban dalam kondisi mentah atau setengah matang untuk menjaga kesegarannya. Daging mentah bisa disimpan dalam kantong plastik vakum berlabel 'BPA-free' di freezer dengan suhu -18 derajat Celsius hingga 6 bulan, atau di kulkas selama 3-4 hari. Daging setengah matang yang sudah dimarinasi bisa disimpan di freezer hingga 3 bulan.

Permintaan daging di Tokopedia dan ShopTokopedia menjelang Idul Adha meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun 2023. "Permintaan masyarakat terhadap daging jelang dan saat Idul Adha 2023 melonjak signifikan," kata Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.

Tokopedia juga memudahkan masyarakat dengan kampanye Toserba dan fitur Qurban untuk berkurban secara online yang praktis, ekonomis, dan amanah. Tokopedia melibatkan berbagai lembaga kemanusiaan tepercaya seperti BAZNAS, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Rumah Yatim, PKPU Human Initiative, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), NU CARE-LAZISNU, Palmyra Internasional, dan Bank Qurban untuk mengelola kurban. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat