visitaaponce.com

Dua RSUD Ini Dinilai Sigap Tangani Pasien Covid-19

Dua RSUD Ini Dinilai Sigap Tangani Pasien Covid-19
Pekerja melakukan pengecekan ruangan khusus pasien terduga Covid-19 di Rumah Sakit Pertamina Jaya(ANTARA)

DPRD DKI Jakarta menilai Dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kalideres, Jakarta Barat, dan RSUD Matraman Jakarta Timur, sigap menangani pasien yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) covid-19.

Wakil Ketua Komis E, Anggara Wicitra Sastroamidjojo menuturkan dua RSUD itu bukan RS rujukan, tapi ruang rawat inap untuk pasien covid-19 disiapkan.

"Pas saya sidak kemarin, mereka sedang memproses penambahan ruangan rawat inap dengan mengalihfungsikan kamar rawat reguler untuk penanganan covid-19. Sejauh ini sudah baik persiapannya," ungkap Anggara saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (9/4).

Kesiapan dan kelayakan RSUD, kata Ara, dapat dilihat dari pemisahan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) pasien umum, dan IGD untuk pasien terinfeksi covid-19.

Baca juga: Penerapan PSBB, Ketua DPRD: Warga Patuh, Jangan Semaunya!

Selain itu, jumlah Alat Pelindung Diri (APD) yang dimiliki dua RSUD tersebut masih tergolong cukup. Meski RSUD tersebut tentu saja membutuhkan penambahan.

APD yang dimiliki RSUD Kalideres, masih cukup untuk dua pekan ke depan. Sementara RSUD Matraman yang hanya untuk 10 hari kedepan.

“Dua RSUD itu tipe D. Jadi, sebetulnya hanya rawat transit hingga warga bisa mendapatkan kamar di RSUD Rujukan. Kami mengapresiasi karena mereka juga sigap memprioritaskan penanganan pasien non covid dengan membuat bangsal darurat di area Rumah Sakit,” jelas Anggara. (OL-14)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bude

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat