visitaaponce.com

Tren Kriminalitas Menurun, Polri Tetap Gencarkan Patroli

Tren Kriminalitas Menurun, Polri Tetap Gencarkan Patroli
Polisi menyelenggarakan patroli malam di Depok, Jawa Barat(Antara/Asprilla Dwi Adha )

SELAMA pandemi covid-19 di Indonesia, Kepolisian Daerah Metro Jaya mencatat adanya penurunan angka kriminalitas. Meski demikian, patroli tetap gencar dilakukan untuk terus menekan angka kriminalitas di Jabodetabek.

"Selama covid-19 sejak mulai Maret, secara totalitas kriminal yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya ini sebenarnya menurun secara crime total," ujar Kombes Yusri Yunus, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya di Jakarta, Senin (1/6).

Yusri menjelaskan, patroli yang dilakukan setiap harinya oleh jajaran Polda Metro Jaya juga menggandeng TNI dalam patroli skala besar.

"Juga kita patroli skala besar bersama-sama dengan teman-teman TNI di jam-jam tertentu, di situlah kita plotting hasil mapping masing-masing wilayah, tim khusus ini lah yang bergerak," papar Yusri.

Baxca juga : Polisi Akan Tes Rambut Dwi Sasono

Meskipun tercatat mengalami penurunan, Yusri mengatakan ada beberapa kasus kriminal yang mengalami sedikit peningkatan. Misalnya kasus narkoba, penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian, serta kejahatan jalanan (street crime).

Untuk kasus berita bohong dan ujaran kebencian saja, Yusi menyebut pihaknya telah menyelidiki sebanyak 480 lebih kasus selama pandemi covid-19. Sementara itu, target pelaku perampokan selama pandemi mengalami pergeseran.

"Jadi berubah, bukan lagi di rumah. Karena sekarang ini kan masyarakat banyak yang di rumah. Pelaku cari tempat-tempat kosong seperti minimarket," papar Yusri.

"Tapi Polda Metro Jaya pengungkapannya cukup tinggi. 18 kasus curat (pencurian dengan pemberatan--red) minimarket, 16 yang sudah diungkap selama covid-19," tandasnya. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat