visitaaponce.com

Tebing Kompleks Makam Covid-19 di TPU Pondok Ranggon Longsor

Tebing Kompleks Makam Covid-19 di TPU Pondok Ranggon Longsor
Ilustrasi pemakaman jenazah covid-19 di TPU Pondok Ranggon(ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

TEBING kompleks makam khusus jenazah covid-19 di Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur, longsor. Longsor tebing terlihat di blad 101 atau petak makam di blok AA-1.

Material longsoran berupa tanah terlihat memenuhi lereng bukit pemakaman covid-19 sepanjang kurang lebih 100 meter dan setinggi 4 meter.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) TPU Pondok Ranggon Marton Sinaga mengatakan longsornya tebing makam karena hujan lebat selama beberapa hari. Selain itu, tebing makam belum diturap membuat mudah bergerak.

Terkait longsor tebing makam di blad 101 blok AA-1 TPU Pondok Ranggon, Marton sudah melaporkan ke Suku Dinas Pemakaman Jakarta Timur dan sudah ditinjau.

"Sudah kami informasikan dan sudah ditinjau. Kepada Suku Dinas, kami minta tebing sepanjang 100 meter dan tinggi 4 meter tersebut diturap karena membahayakan makam-makam disana," kata Marton saat dihubungi, Selasa (3/11).

Baca juga: 13 Saksi Terkait Longsor Jagakarsa Diperiksa

Marton menjelaskan pihaknya telah memasang puluhan karung berisi tanah dan bambu supaya tidak mengganggu makam-makam dipinggiran bukit tersebut.

Tebing perlu diturap karena ditakutkan makam-makam korban covid-19 di bukit tersebut longsor hingga menimbun makam-makam lainnya yang berada di lereng bukit pemakaman.

Di bukit yang longsor, lanjutnya, ada 150 jenazah covid-19. Sedangkan di lereng bukit ada kurang lebih 250 jenazah covid-19. Namun Marton menegaskan, tidak ada jenazah yang tergerus tebing longsor.

"Tidak ada (makam) jenazah yang terimbas longsor," tegas dia.

Marton mengakui lahan seluas 1 hektare (ha) yang diperuntukkan bagi jenazah covid-19 di TPU Pondok Ranggon kondisinyaberbukit dan miring, meski sudah dipadatkan.

"Inilah yang diusulkan segera diturap," ucapnya.

Sejak Maret hingga November 2020, jenazah yang sudah dimakamkan di blok khusus covid-19 TPU Pondok Ranggon kurang lebih 4.000 jenazah.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat