visitaaponce.com

Soal Ekstrakurikuler Sepeda, DPRD Membebani Rawan Perundungan

Soal Ekstrakurikuler Sepeda, DPRD: Membebani & Rawan Perundungan
Ilustrasi bersepeda(ANTARA FOTO/Indrayadi)

DINAS Perhubungan DKI Jakarta dan Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia DKI (Pengpov ISSi DKI) sempat mendorong sekolah menjadikan sepeda sebagai kegiatan ektrakurikuler di sekolah. Guna mendukung gaya hidup ramah lingkungan dengan bersepeda.

Anggota Komisi E DPRD DKI Rani Mauliani mengkritik rencana ini. Menurutnya, ekstrakurikuler bersepeda ini akan membebani orangtua dan rawan terjadi perundungan (bullying). Karena mengharuskan siswa memiliki sesuatu yang menunjang kegiatan, tepatnya berupa sepeda.

“Ya ampun memangnya tidak ada hal lain yang lebih penting yang bisa dijadikan kegiatan? Karena ini mengharuskan siswa memiliki sesuatu yang mungkin nanti jadi memaksa/membebani orangtua untuk membelikan sarana ekskulnya,” kata Rani kepada Media Indonesia, Senin (25/1).

Dampak lanjutannya, akan menonjolkan kelas sosial dan kesenjangan ekonomi. Sehingga bisa memicu terjadinya perundungan atau pembulian di kalangan pelajar. Karena ada unsur perbedaan tadi yang semakin kentara lewat sarana sepeda yang dimiliki.

“Akar masalah perundungan kan rata-rata karena unsur perbedaan kasta atau status sosial, iri hati, dengki dan lain-lain. Lama-lama perundungan ini bisa semakin mengakar. Bahkan menular dan menyebabkan adanya korban,” ungkapnya.

Baca juga:  Sepeda akan Jadi Ekstrakurikuler Sekolah di DKI

Rani menyarankan Pemprov DKI untuk fokus pada hal-hal yang esensial dalam pendidikan di DKI. Lebih mengutamakan kegiatan yang menunjang skill pelajar.

Sebelumnya, Kadishub DKI Syafrin Liputo mendukung rancangan program Pengprov ISSI DKI. Dukungan muncul saat Pengprov ISSI DKI mendapat kesempatan audiensi dalam rapat terbatas Jumat (22/1). Kepala Bidang Umum, Sarana dan Prasarana Pengrov ISSI DKI Fahrudine Fathur mengatakan akan diadakan kegiatan bersepeda di sekolah.

Salah satu caranya adalah dengan menunjuk beberapa sekolah sebagai Role Model agar sepeda dijadikan sebagai ekstrakurikuler.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat