visitaaponce.com

Kenapa Sih Sepeda Non-road Bike Dilarang Lintasi JLNT

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak memberikan izin sepeda non-road bike untuk melintasi Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang. Dengan alasan, sepeda tersebut memiliki kecepatan yang berbeda dengan sepeda balap (road bike) saat melintasi jalan layang tersebut. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo.

“Jadi kenapa di jalur ini untuk road bike, kita pahami bahwa di tengah-tengah animo masyarakat dalam bersepeda ada pemisahan kecepatan. Jadi kecepatan road bike rata-rata 40 km/jam, sementara untuk non-road bike itu 20-25 km/jam,” kata Syafrin di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (6/6).

Pemisahan jalur sepeda ini sudah sesuai dengan amanat UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pihaknya juga bisa menjamun keselamatan pesepeda maupun pengendara bermotor

Adapun Pemprov DKI menyediakan jalur sepeda untuk road bike ini di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang dan Jalan Sudirman-Thamrin. Dengan alasan, kedua jalur tersebut saling terintegrasi alhasil bisa dilakukan pemisahan lintasan. Oleh karena itu, pengguna road bike di JLNT itu bisa langsung diarahkan ke Jalan Sudirman untuk bisa langsung bergabung ke jalur sepeda yang telah disiapkan.

“Demikian juga dengan pengguna road bike di Jalan Sudirman-Thamrin begitu mereka berada di Jalan Sudirman-Thamrin langsung bisa diarahkan ke JLNT untuk beraktivitas ke JLNT sepanjang lintasan road biker. Artinya pemisahan secara fisik bisa langsung dilakukan pada saat lintasan road bike ditetapkan,” paparnya.

Saat ini, Pemprov DKI sedang melakukan uji coba road bike di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang. Uji coba tersebut dilaksanakan setiap Minggu pada pukul 05.00-08.00 WIB. Selama proses uji cob aini, Syafrin mengatakan telah terjadi peningkatan jumlah pesepeda balap mencapai 74%. Atas peningkatan inilah, ujicoba jalur road bike di Kawasan Sudirman-Thamrin akan dilakukan. (OL-13)

Baca Juga: Besok Uji Coba Road Bike di Jl Sudirman-Thamrin

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat